BNPB Himbau Wilayah Rawan Bencana Banjir dan Longsor Harus Waspada

07 / 10 / 2017 Kategori:

InilahOnline.com (Jakarta) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), menghimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah rawan bencana, baik banjir maupun longsor untuk lebih waspada dan mengetahui gejala-gejala akan terjadinya bencana.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, saat ini sebagian wilayah sudah memasuki musim penghujan, meskipun secara keseluruhan baru masuk musim penghujan pada awal November mendatang.

"Musim kemarau telah menyebabkan tanah-tanah retak mudah terisi aliran permukaan saat hujan sehingga memicu longsor," ucap Sutopo, Sabtu (7/10/2017).

Sutopo mencatat, hingga saat ini selama tahun 2017, tercatat 438 kejadian bencana longsor di Indonesia dengan dampak longsor menyebabkan 95 orang meninggal dunia, 132 orang luka-luka, 43.416 orang menderita dan mengungsi serta lebih dari 1.500 unit rumah rusak.

"Puncak musim penghujan diperkirakan pada Januari mendatang sehingga ancaman banjir dan longsor akan makin meningkat," katanya. (Piya Hadi)