Ketua Dekranasda Provinsi Jabar, Tiap Daerah Miliki Motif Batik Khas

02 / 10 / 2017 Kategori: ,

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) - Wilayah Jawa Barat dengan alamnya yang sangat indah dengan kekayaan flora dan fauna yang sangat beragam menjadikan modal bagi setiap wilayah kota dan kabupaten sebagai bahan untuk menciptakan sebuah karya seni yang tinggi, halnya karya seni batik.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Netty Prasetyani, hampir semua kota dan kabupaten di Jabar memiliki motif batik yang khas sesuai daerahnya masing-masing.

"Setiap daerah punya motif khas daerah masing-masing, mereka berusaha menciptakatkan motif khasnya masing-masing," ucapnya.

Netty mencontohkan, Kabupaten Subang memiliki batik dengan motif batik ganas, Bogor dengan motif kuang dan tales dan Kota Bandung dengan motif kontemporer yang lebih berbentuk geometris, seperti yang dikembangkan Tete Hayati.

"Motif batik setiap daerah tergantung dari apa yang ada di daerah tersebut, Cirebon sebagai kota pelabuhan lebih berwarna coraknya, merah kuning, orange, untuk wilayah Ciamis, Garut, Tasik juga berbeda dan sekarang Bakasi juga mulai punya," tuturnya (Hilda)