KPU Jateng, Punokawan Semar Menjadi Maskot Pilgub Jateng 2018

26 / 08 / 2017 Kategori:

InilahOnline.com (Semarang-Jateng) - Komisi PemilihanUmum (KPU) Jateng akhirnya memilih sosok dunia pewayangan ''Semar'' sebagai maskot Pilgub 2018 mendatang. Dipilihnya pentolan Punakawan Semar sebagai maskot, rencananya akan di lunching bersamaan dengan jingle Pilgub di Lawang Sewu Semarang, Selasa (29/8) mendatang.

''Pemilihan dan penetapan maskot Pilgub Jateng 2018 itu, berdasarkan Keputusan KPU Provinsi Jateng Nomor 3/pp.02.3-Kpt/Prov/VII/2017.Sedangkan dipilihnya maskot sebagai media untuk mempromosikan, menyemarakkan dan memberi semangat bagi pelaksanaannya,''ujar Diana Ariyanti anggota KPU Jateng di Semarang, kemarin.

Menurut dia, mensosialisasikan maskot dan jingle Pilgub untuk memberikan motivasi kepada panitia sehingga bisa lebih bersemangat kembali. Oleh karena itu, dalam waktu dedakt ini akan segera melakukantahapan pilkada serentak di 7 daerah yaitu, Kabupaten Banyumas, Temanggung, Kudus, Karanganyar, Tegal, Magelang dan Kota Tegal.

''Dalam waktu dekat ini KPU juga akan membentuk badan penyelenggaraan yakni panitia pemungutan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) di tingkat desa/kelurahan. Rekruitmen petugas badan penyelenggara dilaksanakan 12 Oktober 2017 hingga 11 November 2017,''ujarnya.

Dijelaskan, setelah pembentukan badan-badan ini selesai KPU Jateng akan memulai tahapan pemutakhiraan data pemilih pada 11 Desember 2017 hingga februari 2018.

''Jadi proses pemutakhiran data pemilih itu tahapannya, dimulai dari data pemilih sementara (DPS) dan DPS hasil perbaikan,''katanya.

Namun demikian, menurutnya, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Pilgub Jateng 2018, diprediksi sekitar 27 juta lebih. ''Ini berdasarkan data dari kabupaten/kota dari pencocokan serta penelitian DPS,''paparnya.

Mengenai anggaran pelaksanaan Pilgub Jateng 2018 yang diajukan KPU, menurutnya, telah sesuai dengan yang ditetapkan naskah perjanjian hibag daerah (NPHD), yaitu Rp 992.241.792.000 atau lebih besar 30 persen dibandingkan Pilgub periode sebelumnya.

''Persentase terbesar anggaran pilgub yaitu 60-70 persen itu, untuk badan penyelenggaraan di tingkat tempat pemungutan suara (TPS). Jadi jumlah TPS pilgub Jateng 2018 tercatat sebantak 64.171 TPS yang tersebar di 35 kabupaten/kota, 573 kecaatan dan 8.559 desa/kelurahan.''

Ketua KPU Jateng Joko Purnomo menambahkan, dipilihnya sosok ''Semar'' sebagai maskot Pilgub Jateng 2018 sudah melewati berbagai pertimbangan.Jika belajar dari pilgub sebelumnya, KPU memilih tokoh werkudoro. ''Jadi Pilgub mendatang ini, kami masih menggunakan tokoh pewayangan,''ujarnya (Suparman)