Meski Belum Kantongi Sertifikat, N219 Sudah Dipesan 100 Unit Oleh Maskapai Lokal

16 / 08 / 2017 Kategori:

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) - Meskipun belum mengantongi sertifikat produksi, namun sejumlah keunggulan pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia (PT DI) rupanya banyak menarik minat maskapai penerbangan untuk membeli.

Direktur Utama PT DI Budi Santoso mengatakan, sudah banyak maskapai penerbangan lokal yang memesan pesawat dengan kapasitas 19 kursi penumpang itu.

"Sudah banyak yang memesan, sekitar 100 unit dari maskapai lokal dulu," ujarnya, Rabu (16/8/2017).

Namun menurutnya, pesanan itu belum dituangkan dalam perjanjian resmi karena harus menunggu kelaikan produksi pesawat terlebih dahulu. Harganyapun masih belum dapat dipastikan, meskipun demikian, menurutnya harga pesawat ini akan lebih murah dibandingkan pesawat sejenisnya.

Minat membeli cukup tinggi karena N219 memiliki banyak keunggulan. Pesawat dapat dengan mudah take off atau landing di bandara yang memiliki run way pendek, sesuai dengan karakteristik bandara-bandara yang ada di daerah terpencil Indonesia.

Menurut Budi, cukup diperlukan landasan sepanjang kurang dari 1000 meter, karena N219 dapat terbang pada landasan 500 meter saja.

N219 juga sudah menggunakan teknologi avionik modern dan banyak digunakan di pasar dunia yakni Garmin G-1000 dan juga sudah memiliki auto pilot. Kabin juga terluas dikelasnya dan memiliki kecepatan maksimal hingga 210 Knot dan kecepatan terrendah 59 Knot yang memudahkan lepas landas di landasan pendek. (Frida)