Ada ‘Warung Kejujuran’ di Kantor BPN Kota Bogor

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Beberapa waktu lalu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah memperkenalkan “warung kejujuran” yang diharapakan untuk mendidik masyarakat bagaimana cara berlaku jujur itu.

Kini, gerakan “Berani Jujur Hebat” juga digalakan di Kantor Badan Pertanahan Nasional / Agraria Tata Ruang (BPN / ATR) Kota Bogor. Pasalnya, didalam ruang tunggu loker pelayanan telah disediakan berbagai soft drink (minuman ringan) yang tertata rapi di dalam sebuah lemari pendingin.

Menurut Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor, Ery Juliani Pasoreh, meski masyarakat kita masih belum sepenuhnya dapat berlaku jujur, namun dengan adanya “warung kejujuran” ini, pihaknya mengajak kepada masyarakat, khususnya para pemohon yang ada diruang tunggu loket pelayanan di merasa terpanggil untuk berperilaku jujur.

“Pada dasarnya tidaklah sulit bagi kita menemukan orang-orang pintar dan berpendidikan tinggi saat sekarang ini, namun orang yang benar-benar menjunjung tinggi kejujuran, wallahualam. Sehingga itulah kenapa saya mencoba membuat sesuatu dari yang kecil untuk memulai jujur lewat warung kejujuran,” tuturnya.

Lebih lanjut Ery mengatakan, ide membuat warung kejujuran di kantornya itu berawal dari dirinya, lalu kemudian dikelola dan dikembangkan oleh Sub Bagian Tata Usaha dikantornya. “ Idenya dari saya lalu dikembangkan oleh teman – tema di tata usaha,” kata wanita penyandang Master Kenotariatan tersebut

“Dasar pemikiran warung kejujuran ini sesuai tag line layanan senang memudahkan, lalu kita siapkan kira-kira apa saja yangg dibutuhkan masyarakat ketika datang ke Kantor kami sambil menunggu antrian layanan, kita siapkan ruangan yg nyaman, minuman sampai wifi gratis sekaligus tempat charge batery handphone jika low bat,” imbuhnya

Sementara itu, salah satu pemohon layanan pertanahan yang datang di Kantor Pertanahan Kota Bogor, Bambang Suharmono mengaku senang dengan adanya warung kejujuran yang disediakan diruang tunggu pelayanan, bahkan dirinya juga merasa nyaman dengan adanya fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung.

“Saya rasa fasilitas yang disediakan oleh kantor BPN Kota Bogor ini cukup representatif yakni, ruang tunggu yang bersih dan AC, Wifi gratis,kursi serta kecepatan pelayanan dengan nomor antrian yang teratur dan tersedianya kantor kas Bank BJB untuk pembayaran setoran biaya pengurusan tanah. Semoga pelayanan ini dipertahankan oleh Kakan selanjutnya,” ujarnya. (Piya Hadi)