Bawaslu Gelar Aksi Kemanusiaan Lewat Donor Darah

Berita, Jawa Tengah395 Dilihat

INILAHONLINE.COM, MAGELANG

Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bawaslu ke-12, jajaran Bawaslu Kabupaten Magelang melakukan donor darah. Lewat kegiatan kemanusiaan ini, Bawaslu mengajak masyarakat meningkatkan kesabaran dan membangun kesadaran bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

“Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian jajaran Bawaslu terhadap kemanusiaan, mengingat selama wabah Covid-19 melanda Indonesia, jumlah stok darah di PMI berkurang,” kata Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang, M. Habib Shaleh di sela-sela donor darah, di PMI Muntilan, Magelang, Kamis (9/4-2020).

 

Aksi donor darah, merupakan rangkaian Peringatan HUT Bawaslu diawali Video Conference (vicon) Bawaslu RI bersama Bawaslu Provinsi serta Bawaslu Kabupaten /Kota se-Indonesia. Kegiatan lalu dilanjutkan pemotongan tumpeng dan pembagian masker kain kepada tokoh masyarakat.

Setelah itu, komisioner dan staf Bawaslu Kabupaten Magelang serta tokoh masyarakat menuju Kantor PMI Kabupaten Magelang di Muntilan untuk melakukan kegiatan donor darah. Kegiatan Ini merupakan kerja sama Bawaslu dengan PMI Kabupaten Magelang.

Menurut Habib, HUT ke-12 Bawaslu mengambil tema “Bangun Solidaritas Kebangsaan Melawan Covid-19.” Disebutkan kegiatan donor darah ini sebagai wujud nyata kepeduliaan jajaran Bawaslu dalam rangka memerangi Covid-19.

Lebih lanjut Habib menyatakan, pandemi Covid-19 membuat stok darah PMI berkurang. Oleh karena itu, Bawaslu menginisiasi donor darah ini. Harapannya, masyarakat membantu PMI memenuhi kebutuhan darah. Setetes darah kita sangat berarti untuk orang lain. Bagi Anda yang sehat, mari donorkan darah untuk kepentingan kemanusiaan.

Dalam Video Conference (vicon), Ketua Bawaslu RI Bawaslu RI Abhan mengatakan, semangat HUT Bawaslu kali ini adalah semangat untuk bergerak bersama memerangi Covid-19 dengan tetap menjaga solidaritas dan membangun keselamatan kemanusiaan dengan menerapkan physical distancing, bekerja dari rumah, menegakkan demokrasi dari rumah, selalu mencuci tangan, memakai masker, menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta menjaga keselamatan bangsa.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kabupaten Magelang Arief Setyohadi mengucapkan terima kasih atas kegiatan donor darah Bawaslu Kabupaten Magelang. “Luar biasa dan terimakasih kepada Bapak Ibu dari Bawaslu Kabupaten Magelang yang telah mendonasikan darahnya di PMI kabupaten Magelang. Semoga bisa menggugah komponen lain untuk rawuh dan membantu sesamanya melalui PMI,” Kata Arief.

Arief mengajak masyarakat menjadikan donor darah menjadi gaya hidup dalam berbagi kepada sesama. “Salam kemanusiaan,” tandasnya.

(Ali Subchi)