oleh

Bupati Bogor bacakan ikrar pengamalan nilai-nilai Pancasila

-Megapolitan-187 Dilihat

Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti menjadi inspektur upacara pada Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lap. Tegar Beriman, Cibinong, Kab. Bogor, pada Sabtu. (1/10).

Upacara peringatan hari kesaktian pancasila dimulai pukul 07.30, tampak hadir mendampingi Bupati Bogor, Sekretaris Daerah, Adang Suptandar, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Ade Munawaroh, Kapolres Bogor, AKBP Andi Moch Dicky, Dandim 0621/Suryancana, Letkol CZI, Bima Nurrachmat, Kejari Kabupaten Bogor, Lumumba Tambunan.

Dalam kesempatan tersebut juga, Bupati Bogor, Hj. Nurhayanti membacakan Ikrar yang berisi tentang ajakan untuk bersama membulatkan tekad mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai pancasila. Disebutkan dalam petikan ikrar dimaksud bahwa sejak di proklamasikan Kemerdekan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada 17 Agustus 1945, pada kenyataan telah banyak terjadi rongrongan. Baik dari dalam maupun luar negeri, terhadap NKRI.

Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurang waspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara. Namun dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi pancasila, bangsa indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya NKRI.

Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurut Bupati Bogor, Hari Kesaktian Pancasila merupakan Momen untuk melaksanakan kembali nilai luhur bangsa yang ada dalam kandungan isi dan sila pancasila.

“Kandungan dan isi sila-sila yang ada di pancasila harus bisa dilaksanakan dan diamalkan dalam kehidupan,”ujarnya.

Ia juga menambahkan, Kesaktian Pancasila pada saat ini, menjadi momen penting untuk menjadi salah satu modal bangsa terutama bagi generasi penerus bangsa.

“Saya ingin semua masyarakat harus bisa kembali membumikan kembali Pancasila sehingga penghayatan dasar negara dapat di implementasikan dengan baik,”tandasnya. (Andi/Diskominfo Kab Bogor/zack)