Cabor Beladiri Kota Bogor Dulang Emas Terbanyak di Porprov 2022

INILAHONLINE.COM, CIAMIS — Meskipun belum menjadi juara umum, Kota Bogor berhasil mendulang prestasi dengan perolehan emas terbanyak dalam kelompok cabang olahraga (cabor) beladiri dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Jawa Barat tahun 2022 ini.

Emas dari kelompok cabor beladiri itu disumbangkan lewat Judo sebanyak 9 emas, Sambo 2 emas, Kempo 4 emas, Kurash 4 emas, Taekwondo 6 emas, Pencak silat 3 emas, Tinju 1 emas, Wushu 4 emas, Tarung derajat 1 emas dan Anggar 3 medali emas.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat, Ahmad Saefudin menjelaskan, Kota Bogor peroleh emas terbanyak dalam cabor beladiri diatas Kabupaten Bekasi dan Kota Bandung.

“Ada dua kota yang hampir mengejar Kota Bandung yaitu Kota Bekasi dan Kota Bogor yang cukup signifikan di dalam peraihan medali emasnya,” kata Ahmad saat penutupan Porprov Jawa Barat di Alun – Alun Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/11/2022).

Ahmad membeberkan, fenomena yang baik dan juga yang belum baik terjadi dalam perhelatan Porprov Jabar kali ini. Hampir 90 persen para atlet merupakan atlet pendatang baru. Hal ini, kata Ahmad, menunjukkan bahwa ada generasi penerus para atlet dari masing – masing daerah.

“Bahkan sudah ada atlet – atlet baru yang bisa mengalahkan atlet senior. Ini menandakan bahwa pembinaan keprestasian dilakukan oleh kepala daerah bersama ketua KONI kabupaten/kota sudah semakin baik,” bebernya.

Di kesempatan yang lain, Ketua Kontingen 2022 pada Porprov Jabar Tahun 2022, Dedie A. Rachim juga sempat mengalungkan tiga medali emas langsung kepada tiga atlet cabor pencak silat di GOR Gotong Royong, Kabupaten Subang.

Dimana tiga emas itu menjadi perolehan tambahan bagi Kota Bogor di cabor bela diri. Dengan prestasi itu, Dedie mengatakan bahwa Kota Bogor masih memiliki tugas untuk mempersiapkan atlet – atlet berprestasi ke depan. Tak hanya cabor beladiri, namun di semua cabor.

Menurutnya, raihan hasil terakhir sebanyak 75 medali emas merupakan perjuangan maksimal yang bisa diberikan untuk masyarakat Kota Bogor ditengah berbagai dinamika di lapangan yang sangat luar biasa.(Hilda)