Dua Pesawat TNI Tiba Di Mesir Beri Bantuan Kemanusiaan Rakyat Palestina

INILAHONLINE.COM, MESIR — Bantuan kemanusiaan dari pemerintah Indonesia untuk rakyat Palestina tiba di Bandar Udara El Arish, Mesir, Senin (6/11/2023). Rombongan Indonesia dipimpin oleh Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia (Wamenlu) Pahala Mansury, S.E., M.B.A., yang diutus Presiden RI Joko Widodo untuk mewakili pemerintah Indonesia.

Pihak yg menyambut dan menerima bantuan kemanusiaan di bandara El Arish, Mesir yaitu Dubes RI LBBP Y.M. Lutfi Rauf, Athan RI Cairo Kolonel Kav Aria S. Saleh, Korfung Politik Dian Ratri, Staf KBRI dan staf Kantor Athan RI, serta pihak Egyptian Red Crescent/Bulan Sabit Merah Mesir.

Selanjutnya, bantuan kemanusiaan ini akan dikelola pengirimannya sampai ke Palestina oleh Palang Merah Internasional Mesir. Dengan melalui proses seremonial penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) oleh Wamenlu RI kepada perwakilan Egyptian Red Crescent, Ahmed Aly.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan tiga pesawat menuju Mesir dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada Sabtu (4/11/2023). Sedikitnya 51,5 ton bantuan berupa makanan, pakaian, dan peralatan logistik diangkut untuk membantu meringankan beban rakyat Palestina yang saat ini tengah dilanda krisis akibat konflik bersenjata antara Hamas dan Angkatan Bersenjata Israel.(Badarudin)