Emak-emak Kelompok Senam Srikandi Tejowarno Deklarasikan Dukungan Pasangan Ganjar-Mahfud

Berita, Jawa Tengah146 Dilihat

INILAHONLINE.COM, MAGELANG – Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Kelompok senam Srikandi Airo Tejowarno, Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mendeklarasikan dukungan kepada pasangan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Ganjar Pranowo – Mahfud MD. Dukungan disampaikan, karena keduanya merupakan calon pemimpin yang peduli dengan masyarakat.

“Beliau berdua, baik Pak Ganjar dan Pak Mahfud, sangat peduli dengan masyarakat, terutama warga yang ada di pedesaan,” kata Instruktur Senam Airobik yang juga Koordinator Srikandi Airo Tejowarno, Inka Pitaloka kepada wartawan, Minggu (7/1-2024).

Deklarasi dukungan emak-emak yang tergabung dalam senam Srikandi Tejowarno tersebut, dilakukan bersamaan dengan acara penampilan kesenian tradisional Krido Waluyo, merupakan kelompok kesenian tradisional dengan tarian-tarian campuran klasik, dan alat musiknya hanya enam, yakni bende, truntung, bedok dan ecek-ecek.

Sebelum penampilan kesenian tradisional Krido Waluyo, dilakukan senam airobik oleh warga Dusun Tejowarno, Desa Tamanagung, Muntilan, Magelang. Saat senam bersama, mereka menggunakan kaos putih bergambar Ganjar Pranowo dan Mahfuf MD, dengan nomor tiga di punggung kaos.

Menurut Inka Pitaloka, dukungan kelompok senam Srikandi Tejowarno kepada Ganjar – Mahfud, selain keduanya peduli dengan masyarakat, juga sangat konsen terhadap kelompok kesesian, termasuk kelompok senam. Bahkan selama menjadi Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo sering anjang sana dengan masyarakat di pedesaan, khususnya di Kabupaten Magelang.

“Yang jelas, kami sebagai warga desa, sangat merasakan terjadinya perubahan dalam pembangunan di Jawa Tengah, khususnya di Kabupaten Magelang, baik peduli dengan kelompok kesenian dan senam, serta pembangunan di sektor pariwisata yang begitu pesat di Magelang,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpinan Kesenian Krido Waluyo Tri Wibowo mengatakan, penampilan kesenian Krido Waluyo adalah untuk menguri-uri kesenian tradisional yang usianya sudah tergolong tua, karena saat pengelolanya sudah kelima generasi. “Kami setiap tahun memperingati berdirinya Krido Waluyo, dengan menampilkan kesenian khas tarian klasik,” ujarnya.

Para penarinya, menggunakan pakaian kesenian tradisional, seperti soreng yang diiringi music tradisional berupa bende, truntung, bedok dan ecek-ecek. Ke empat alat musik tradisional tersebut, dimainkan oleh enam orang. “Tarian campuran klasik ini yang masih kami pertahankan,” pungkasnya.

Sedangkan anggota Kesedian Krido Waluyo, mayoritas adalah pendukung Ganjar-Mahfud, maka pada Pilpres 2024 aspirasi dukungan disalurkan ke pasangan nomor urut tiga, yakni Ganjar Pranomo dan Mahfud MD sebagai pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI. “InsyaAlloh dukungan aspirasinya ke Ganjar – Mahfud,” tegasnya. (ali subchi)