oleh

Kado dari Menparekraf, Gelombang Pertama Staycation TNI Brebes Menginap di Hotel Grand Dian

INILAHONLINE.COM, BREBES — Sebanyak 30 personel Kodim 0713 Brebes mulai menginap di Hotel Grand Dian Brebes, untuk pelaksanaan staycation atau liburan tanpa meninggalkan kota, yang merupakan kado dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, bagi Nakes dan Tenaga Penunjang Faskes.

Dandim Brebes melalui (Pasiter) Perwira Seksi Teritorial, Kapten Infanteri Surikan menjelaskan, staycation gratis dari Menparekraf itu juga untuk Babinsa dan Bhabinkamtibmas selaku tenaga penunjang kesehatan dalam penanggulangan pandemi covid-19.

“Para nakes dan tenaga penunjang faskes dari Kodim Brebes mulai menginap gratis di hotel bintang tiga Grand Dian Brebes selama 3 hari,” terangnya, Senin (6/12/2021).

Lebih lanjut dijelaskan, untuk anggota Kodim Brebes yang mendapatkan hadiah/apresiasi dari pemerintah itu sebanyak 199 personel, dimana pelaksanaan menginap dibagi kedalam 5 gelombang yang dimulai tanggal 4-14 Desember 2021.

Dari jumlah 199 personel itu, 9 orang merupakan tenaga kesehatan TNI dari Klinik Pratama Kartika 13/Brebes sebagai pelaksana vaksinasi covid-19,” sambungnya.

Surikan menambahkan, untuk masing-masing gelombang menginap terdiri dari 30-40 personel, dimana masing-masing personel dapat membawa 2 orang anggota keluarga (istri dan 1 anak).

“Setiap anggota dan keluarganya yang akan menginap juga tetap menerapkan protokol kesehatan, yaitu dilampiri surat rekomendasi dari Rumah Sakit TK. IV Pagongan Tegal (DKT Tegal),” pungkasnya.

Mewakili keluarga besar Kodim Brebes, ia pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas apresiasi refreshing untuk para nakes dan tenaga penunjang faskes.

Sementara disampaikan Ani Kusumaeni (39) selaku Manajer Hotel Grand Dian Brebes, pihaknya sangat menyambut baik adanya program dari Sandiaga Uno tersebut.

Menurutnya, program staycation itu merupakan bagian dari program reaktivasi industri pariwisata di daerah, sehingga memotivasi kegiatan di sektor pariwisata perhotelan sebagai upaya percepatan pemulihan perekonomian yang sempat terpuruk sejak adanya pandemi covid-19 (2019-2021).

Upaya pemerintah melalui Kemenparekraf itu juga untuk pemulihan ekonomi nasional khususnya industri pariwisata sebagai salah satu sumber devisa negara, termasuk mendongkrak perekonomian masyarakat selaku pelaku jasa pariwisata.

“Mewakili seluruh keluarga besar Hotel Grand Dian Brebes, saya juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah melalui Bapak Sandiaga Uno, karena ini juga merupakan kado bagi kami,” ujarnya Mey, sapaan akrab Ani Kusumaeni mengapresiasi.

Untuk para tamu staycation tersebut, Hotel Grand Dian juga menggelar kegiatan senam pagi, dinner barbeque, dan disiapkan hiburan karaoke.

Seperti dikatakan Menteri Sandiaga Uno, saat menyapa Nakes covid-19 secara hybrid di Hotel Harris Vertu Harmoni (21/10/2021) lalu, para tenaga kesehatan dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan merupakan para pahlawan penanggulangan covid-19 sehingga sudah sepantasnya mendapatkan penghargaan untuk staycation beserta akomodasinya.

Staycation merupakan reaktivasi industri pariwisata secara nasional dengan multiplier effect, yakni untuk menaikkan occupancy hotel sebesar 40 persen sehingga diharapkan berdampak dipekerjakannya kembali para karyawan hotel yang telah dirumahkan terkait kelesuan perhotelan sejak diberlakukannya PSBB dan PPKM pandemi covid-19.

Sedangkan effect lainnya adalah mendongkrak perekonomian di bidang jasa transportasi pariwisata darat.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan meningkatkan keterlibatan tenaga kerja baik secara langsung maupun tak langsung pada kegiatan reaktivasi industri sebanyak kurang lebih 8.600 orang, pun bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor akomodasi perhotelan dan transportasi darat yang berasal dari pajak perusahaan. (Aan)