Kakorlantas Tinjau Ruas Tol Jakarta-Semarang Jelang Operasi Ketupat 2023

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melakukan survei jalur mudik Tol Jakarta-Semarang, Jawa Tengah jelang kesiapan Operasi Ketupat 2023, Kamis (23/2).

Korlantas Polri bersama stakeholder sempat mengunjungi Command Center Km 29 dan melanjutkan perjalanan guna meninjau Km 47 untuk penerapan one way nantinya. Pengecekan juga dilakukan di Rest Area Km 57 untuk meninjau kantong parkir.

Perjalanan dilanjutkan kembali menuju Pospol Cikopo, Jawa Barat. Serta mendapatkan pemaparan dari pihak Ditlantas dan pengelola jalan tol.

Irjen Pol Firman Shantyabudi melanjutkan perjalanan dengan mengendarai mobil sendiri dari GT Tegal hingga Pospol Kalikangkung, Semarang.

Menurutnya ruas jalur Tol Jakarta-Semarang dianggap telah siap untuk digunakan dalam Mudik Lebaran 2023. Namun, masih ada beberapa pekerjaan yang mesti diselesaikan sebelum hari raya berlangsung.

“Kami melihat kesiapan-kesiapan yang selama ini menjadi catatan ketika pantauan arus mudik bahwa pengelola jalan tol secara jelas sudah menggambarkan kesiapan, namun beberapa pekerjaan memang masih dikerjakan” ucap Irjen Firman.

Firman mengimbau masyarakat yang hendak mudik ke kampung halamannya dalam momen Lebaran tahun ini dalam keadaan yang prima. Pemudik diminta untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua dan disarankan beralih ke moda transportasi lainnya demi keselamatan selama di perjalanan.

“Secara umum kita berharap tentunya masyarakat harus tetap bugar pada saat melaksanakan mudik, siapkan kendaraannya, dan kami masih tetap mengimbau untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua,”ujarnya.

Ia juga memberi atensi kepada para pemudik yang hendak memasuki rest area. Pasalnya, rest area kerap menjadi titik penyumbatan sebelum kendaraan kembali masuk ke jalur tol.

“Harapan kita masyarakat bisa kita layani dengan masuk dulu ke dalam baru fasilitas rest area jadi tidak menunggu di depan pintunya ini sumbatan yang mengakibatkan tumpah ke jalan ini yang menghambat,” Kata Firman.

Kakorlantas mengapresiasi persiapan yang dilakukan oleh semua pihak, dengan ketersediaan jalur Tol yang nantinya akan beroperasi pada kesiapan Mudik Lebaran tahun ini.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Hubdat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno mengungkapkan bahwa volume kendaraan pada arus mudik Lebaran tahun ini diprediksi akan meningkat, seiring dengan kebijakan PPKM telah dicabut oleh Presiden Jokowi.

“Kita optimis menghadapi arus mudik besar yang akan berjalan dengan baik, memang perkiraan ada peningkatan volume arus kendaraan untuk gelaran mudik,” ucap Dirjen Hendro.

Turut hadir Dirjen Hubdat Kemenhub Hendro Sugiatno, Dirut Jasa Raharja Rivan A Purwantono, Ditjen Jalan Bebas Hambatan (JBH) KemenPUPR Budi Harimawan Semiharjo dan PJU Korlantas Polri.

Korlantas Polri dan stakeholder akan kembali melanjutkan peninjauan jalur mudik esok hari hingga Surabaya, sebelumnya pengecekan jalur mudik telah dilakukan di jalur Pantai Selatan (Pansela) dan arteri Pantai Utara (Pantura).**