Kapolri Angkat Komjen Purwadi Jadi Kalemdiklat Polri dan Mutasi 7 Kapolda

INILAHONLINE.COM, JAKARTA — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi atau mutasi di sejumlah jabatan perwira tinggi institusi Polri. Salah satunya adalah Komjen Purwadi Arianto. Mutasi itu tertuang dalam surat telegram Nomor:ST/713/III/KEP./2023 tanggal 27 Maret 2023.

Dalam telegram itu, posisi Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Kalemdiklat) Polri yang tadinya dijabat oleh Komjen Rycko Amelza Dahniel akan digantikan oleh Komjen Purwadi Arianto. Komjen Purwadi Arianto sebelumnya adalah perwira tinggi (Pati) Lemdiklat Polri yang ditugaskan di Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhannas).

Sedangkan Komjen Rycko Amelza dirotasi menjadi Pati Densus 88 Antiteror Polri dalam rangka persiapan penugasan luar struktur.

Masih dalam telegram itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran juga menjadi salah satu yang dimutasi menjadi Kabarhakam Polri. Posisi Fadil Imran akan digantikan oleh Irjen Karyoto.

Sementara, Kapolda Sulteng nantinya akan dijabat oleh Agus Nugroho menggantikan Irjen Rudy Sufahriadi yang masuk masa pensiun. Kapolda Jawa Barat (Jabar) ke depannya akan dipimpin oleh Irjen Akhmad Wiyagus menggantikan Irjen Suntana yang telah purnatugas.

Sedangkan posisi Kapolda Lampung yang saat dijabat Akhmad Wiyagus akan diemban oleh Irjen Helmy Santika. Posisi Helmy Santika di Kapolda Gorontalo akan digantikan Irjen Angesta Romano Yoyol.

Kapolda Kalimantan Barat akan dijabat Brigjen Pipit Rismanto ke depannya. Di sisi lain, Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel) nantinya bakal dijabat oleh Irjen Setyo Boedi Moemponi Harso menggantikan Irjen Nana Sudjana yang memasuki masa pensiun.**