Kelurahan Sempur akan Bangun Kampung Niaga untuk Pelaku Usaha Kecil

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Kelurahan Sempur dorong bidang perekonomian melalui pengembangan para pelaku pengusaha kecil dalam mempromosikan produk-produk unggulan yang ada melalui pencanangan “Kampung Niaga” melalui bantuan langsung dari Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina.

Dikatakan Rena Da Frina Lurah Sempur menurutnya, akan adanya gebrakan tersebut, dirinya mengatakan sudah menginformasikan perihal pencanangan Kampung Niaga itu kesejumlah RW, RT dan pelaku usaha yang ada diwilayahnya,” ujarnya. Jumat (8/9), kemarin.

“Ini sebenarnya suatu bentuk penyaluran CSR dari pertamina dalam bentuk bantuan langsung. Dan tantangan kami untuk membentuk salahsatu lokasi atau suatu kampung dengan memperdayakan ekonomi masyarakat yang benar-benar bisa ditonjolkan. Dengan mencanangkan “Kampung Niaga”, pengembangan usaha-usaha kecil diwilayah Kelurahan Sempur serta produk unggulan yang ada.

Lanjutnya Rena menjelaskan, rencana pencanangan Kampung Niaga ini secara langsung akan ada pendampingan dari para ahli bidang wirausaha serta bisnis bagi pelaku usaha mulai dari produksi, tekhnologi, labeling, packaging, serta pemasaran. Selanjutnya para pelaku usaha tersebut akan membangun pusat produksi hingga gerai promosinya dengan teknis pemanfaatan lahan dengan cara menyewa atau pinjam pakai. Dan selanjutnya menjadi aset pemerintah daerah.

“Langkah awal dengan menginformasikan rencana akan dicanangkannya kampung niaga ke beberapa RW, RT dan pelaku usaha, kemudian akan dilakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan informasi dan masukan dari masyarakat untuk merancang penyusunan proposal pengembangan kampung niaga kepada pertamina, selaku pemilik usaha, dangan arahan tim pendamping”, imbuhnya. (Nicko)