Kembangkan IKM, Pemkot Bogor Tandatangani 24 Kesepakatan

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kota Bogor, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menandatangani 24 kesepakatan strategis dengan beberapa pihak.

Penandatanganan kesepakatan akan dilakukan saat launching logo 100% Bogor Pisan dan Batik Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Bogor di Botani Square Bogor, Senin (17/06/2019) malam.

Dari kesepakatan yang akan ditandatangani tersebut, Pemkot Bogor bermitra dengan beberapa pihak untuk membantu menyediakan, mempromosikan dan menjual produk IKM Kota Bogor. Diantaranya dengan 4 pusat perbelanjaan yang ada di Kota Bogor, seperti Botani Square Bogor, Toserba Yogya, Transmart, Bogor Trade Mall (BTM), 2 retail yakni Prima Freshmart dan Alfamart, 2 hotel yakni hotel 101 dan Hotel Permata serta Bogor Raincake.

Untuk pembayarannya, juga di jalin kemitraan dengan para perusahaan penyedia E-Commerce, yang terdiri dari GoJek, BliBli.com, Shopee, Moca dan Emoji. Melalui aplikasi yang tersedia, pelaksanaan pembayaran dapat dilakukan secara non tunai memanfaatkan fitur atau merchant yang ada.

Secara umum, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Bogor, Ganjar Gunawan menerangkan, kegiatan launching logo 100% Bogor Pisan dan batik ASN Kota Bogor merupakan tindak lanjut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag) Nomor 47 Tahun 2016 tentang Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) yang mengamanatkan dan mendorong pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan konsumsi produk lokal.

“Termasuk didalamnya produk Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Bogor, diantaranya melalui sosialisasi, promosi sampai himbauan dan sebagainya. Berdasarkan perhitungan yang dilaksanakan Kementerian Perdagangan di tingkat nasional penggunaan produk dalam negeri mencapai 89 persen,” kata Ganjar.

Dengan adanya logo tersebut, lanjut Ganjar, warga Kota Bogor maupun masyarakat secara luas akan mengetahui produk IKM asli Kota Bogor yang sudah go public dan berkualitas. Bagi para pelaku IKM Kota Bogor yang akan menggunakan logo ini diharuskan untuk mendaftar.

Berdasarkan data tahun 2018, secara umum IKM kota Bogor berjumlah 4.726 yang terbagi dua, kerajinan dibawah koordinasi Dekranasda Kota Bogor sedangkan kuliner di bawah koordinasi Badan Kuliner (Bakul) Kota Bogor.

(ian Lukito)