Laju Pertumbuhan Ekonomi Jabar Tahun 2018 Diprediksi Diatas Nasional

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – Bank Indonesia Jabar memprediksi pertumbuhan ekonomi di Jabar masih tetap diatas nasional. Pertumbuhan itu diperkirakan akan mencapai pada angka 5,2% hingga 5,6% (yoy).

Kepala BI Jabar Wiwiek Sisto Widayat menyebutkan, selain pertumbuhan diatas nasional, inflasi tahun depan di Jabar juga diperkirakan akan lebih rendah dari nasional.

“Inflasi jabar 2018 akan lebih rendah dari nasional dan lebih rendah dari tahun lalu. Diperkirakan inflasi berkisar antara 3,0 % hingga 3,4 %. Target nasional sebesar 3,5 plus minus 1 %,” ujarnya Selasa (12/12/2017).

Sama seperti yang disampaikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan, menurut Wiwiek pertumbuhan ekonomi di Jabar didorong oleh komponen konsumsi, investasi dan ekspor yang semakin membaik.

Dari sisi konsumsi, akan ada peningkatan karena tahun depan memasuki tahun politik, serta rencana pemerintah untuk tidak menaikan harga BBM, elpiji dan listrik.

“Proyek infrastruktur multiyeasr juga masih akan tetap dilakukan di wilayah Jabar, ikut mendorong pertumbuhan ekonominya,” kata dia. (Frida)