Lepas Peserta Mudik Gratis BUMN, Pj Wali Kota: Selamat Berkumpul dengan Keluarga

INILAHONLINE.COM, BANDUNG — Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono melepas peserta Mudik Asyik Bersama BUMN di Biofarma Bandung, Jumat (5/4/2024). Kegiatan ini merupakan rangkaian mudik gratis serentak yang diselenggarakan BUMN, salah satunya oleh Biofarma di Kota Bandung.

Bambang mengingatkan kepada peserta mudik agar menjaga kesehatan dan memastikan rumah yang ditinggalkan sudah dalam posisi aman.

“Jaga kesehatan, pastikan betul rumah dalam keadaan aman saat ditinggalkan. Matikan listrik, perhatikan kompor dalam kondisi mati, kunci pintu,” pesan Bambang.

Atas nama Pemkot Bandung, Bambang menyampaikan apresiasi kepada Biofarma dan BUMN yang telah memberikan fasilitas bagi masyarakat Kota Bandung untuk mudik dan bertemu keluarga di kampung halaman.

Sebagai informasi, kegiatan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 di Biofarma Bandung ini diikuti 486 peserta yang terbagi ke dalam 10 angkutan bis. Adapun rute mudik gratis ini dibagi menjadi 2, yakni:

  1. Rute Selatan, meliputi:
    Bandung – Madjenang – Wangon – Jatilawang – Cilacap (Pertigaan Sampang) – Sumpiuh – Gombong – Kebumen – Kutoarjo – Purworejo Wates – Kulon Progo – Terminal Giwangan Yogyakarta

2.Rute Utara, meliputi :
Bandung – Exit Tol Brebes Barat (Brebes) – Exit Tol Adiwerna (Tegal) – Exit Tol Bojong (Pekalongan) – Exit Tol Kandeman (Batang) – Exit Tol Kaliwungu (Kendal) – Exit Tol Krapyak 1 (Semarang) – Exit Tol Salatiga (Salatiga) Exit Tol Colomadu (Boyolali) – Exit Tol Ngemplak (Solo) Terminal Giri Adipura Wonogiri.

Bambang mengungkapkan Pemkot Bandung juga memberikan fasilitas mudik gratis bagi masyarakat. Pelepasan mudik gratis ini akan diselenggarakan di Terminal Cicaheum, Sabtu 6 April 2024 besok.

Sebanyak 234 peserta mudik gratis akan dilepas pada acara mendatang dengan rute sebagai berikut:

  1. Bandung – Surabaya via jalur selatan, 1 unit (40 kursi)
  2. Bandung – Surabaya via jalur utara, 1 unit (40 kursi)
  3. Bandung – Jogja 1 unit (44 kursi)
  4. Bandung – Kuningan 1 unit (50 kursi)
  5. Bandung – Tasik 2 unit (60 kursi).

“Artinya, Pemerintah bersama stakeholders di Kota Bandung memberi kesempatan bagi masyarakat untuk mudik, berkumpul dengan keluarga,” ucap Bambang.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Biofarma Bandung Kamelia Faisal menyebut, 486 peserta Mudik Asyik Bersama BUMN yang dilepas di Biofarma Bandung meliputi usia 1 hingga 69 tahun.

“Insyaallah kegiatan yang kami lakukan ini tepat sasaran,” ujar Kamelia.

Ia juga menyoroti mudik sebagai keunikan yang dimiliki masyarakat Indonesia. Di mana setiap momen Idulfitri, masyarakat berkesempatan untuk berkumpul dengan keluarganya di kampung halaman.

“Biofarma serta BUMN lainnya berkomitmen setiap tahun acara mudik gratis ini diselenggarakan untuk berbagi kebahagiaan dengan Bapak/Ibu sekalian,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Riri, salah seorang peserta Mudik Gratis Bersama BUMN tahun 2024 mengaku senang mendapat fasilitas mudik gratis untuk pulang kampung ke Wonogiri.

Ia mengaku telah tiga kali menerima manfaat mudik gratis. Antara lain pada tahun 2019, 2023, dan 2024.

“Sangat membantu masyarakat, dan semoga tiap tahunnya mendapat kesempatan,” ucap Riri.(Hilda)