oleh

Lomba Bidang Perpustakaan Tingkat Jawa Barat, Kota Bogor Raih Juara Umum

INILAHONLINE.COM, BANDUNG — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DISPUSIPDA) Propinsi Jawa Barat menggelar lomba bidang perpustakaan meliputi Lomba bercerita bagi siswa/I SD/MI, lomba perpustakaan sekolah SLTA, lomba pustakawan berprestasi, lomba perpustakaan desa/kelurahan dan juga penghargaan kepada tokoh masyarakat yang berperan dalam pengembangan literasi di daerahnya.

Lomba yang diadakan setiap tahun tersebut merupakan kebijakan pemerintah untuk pengembangan literasi di daerah masing-masing. Dan sebagai pemenang lomba-lomba tersebut akan diikutsertakan pada lomba di tingkat nasional.

Adapun lomba bidang perpustakaan tingkat Propinsi Jawa Barat dilaksanakan sejak pertengan bulan Mei sampai dengan bulan Juni 2022. Adapun puncak acara pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada hari Rabu (29 Juni 2022) di Gedung Pustaloka Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Propinsi Jawa Barat Jalan Kawaluyaan Indah II No. 4 Bandung.

Kapala Dinas Arsip dan Perpustakaan (DIARPUS) Kota Bogor, Drs. Agung Prihanto mengatakan, kebijakan ini sebagai bentuk pola pemberian apresiasi dan motivasi pembudayaan kegemaran membaca melalui jalur sekolah, masyarakat dan jalur pemerintahan.

“Pada prinsipnya Dinas Kearsipan dan Perpustakaan menghargai semua pihak yang peduli mempelopori dan melakukan berbagai upaya demi terbangunnya budaya kegemaran membaca. Keberhasilan gerakan pembudayaan membaca dapat dicapai secara nasional dengan melibatkan peran serta semua komponen bangsa baik di tingkat pusat maupun daerah, baik anak-anak, remaja hingga orang tua,” ujar Agung, Kamis (30/6/2022).

Pada lomba tersebut, Agung mengatakan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Bogor mengirimkan peserta lomba diantaranya lomba bercerita yang diwakili oleh M. Yazid Tamamudin (dari SD IT Aliya Kota Bogor), lomba perpustakaan sekolah SLTA yang diwakili perpustakaan SMA Negeri 1 Kota Bogor, dan lomba pustakawan berprestasi diwakili oleh Edy Suryanto, S.Sos., M.Ikom (pustakawan Diarpus Kota Bogor).

“Dalam mengirimkan peserta lomba tersebut sebelumnya telah dilaksanakan lomba di tingkat Kota Bogor dan sebagai juara pertama dikirim untuk mengikuti lomba di tingkat Propinsi Jawa Barat,” jelas Agung.

“Kota Bogor merupakan juara umum di tingkat Propinsi Jawa Barat karena semua yang dikirim mendapatkan juara pertama,” sambung Agung. (ian Lukito)

Adapun hasil lomba di tingkat Propinsi Jawa Barat adalah sebagai berikut :

  1. Lomba Bercerita bagi siswa/I SD/MI tingkat Propinsi Jawa Barat adalah :
    ⦁ Juara 1 : M. Yazid Tamamudin perwakilan dari Kota Bogor
    ⦁ Juara 2 : M. Rafka Firzatulloh perwakilan dari Kabupaten Bogor
    ⦁ Juara 3 : Andina Nur Kanaya N. perwakilan dari Kota Tasik Malaya
  2. Lomba perpustakaan sekolah tingkat SLTA :
    ⦁ Juara 1 : Perpustakaan SMA N 1 Kota Bogor
    ⦁ Juara 2 : Perpustakaan MA Syamsul Ulum Kota Sukabumi
    ⦁ Juara 3 : Perpustakaan SMA N 1 Kabupaten Garut
  3. Lomba pustakawan berprestasi :
    ⦁ Juara 1 : Edy Suryanto S.Sos., M.Ikom perwakilan dari Kota Bogor
    ⦁ Juara 2 : Dra. Ani Rosdiani perwakilan dari Kabupaten Garut
    ⦁ Juara 3 : Muhamad Zaki Rahmat perwakilan dari Kabupaten Bandung
  4. Lomba perpustakaan Desa/Kelurahan
    ⦁ Juara 1 : Perpustakaan Kandaga Winaya Desa Marga Mekar Kec. Pangalengan
    Kabupaten Bandung
    ⦁ Juara 2 : Perpustakaan Puspita Kalbu Kelurahan Karamat Kecamatan Gunung
    Puyuh Kota Sukabumi
    ⦁ Juara 3 : Perpustakaan Karya Pustaka Desa Karyamukti Kecamatan Cibatu
    Kabupaten Garut