oleh

Menjarinng Aspirasi Melalui Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Bersama Warga Akar Rumput

INILAHONLINE.COM, MAGELANG — Anggota DPR RI Ir Sudjadi dari PDI Perjuangan, menggelar sisiaalisaasi Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika). dalam menjaga persatuan Indonesia melalui kebersamaan akar rumput. dipandu Mul Budi Santoso alias Bodrek tersebut, diikuti ratusan warga akar rumput dan Kepala Desa (Kades) di Dapil 6 (Kecamatan Salam, Srumbung, Dukun, Muntilan dan Ngluwar).

Pelaksanaan pembangunan baik di sektor pariwisata, pertanian, pengerasan jalan hingga pembangunan embung, menjadi program usulan yang disampaikan warga akar rumput, saat anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Ir Sudjadi menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika). dalam menjaga persatuan Indonesia melalui kebersamaan akar rumput.

Menurut Sudjadi, empat pilar kebangsaan penting dipahami dan ditanamkan pada warga akar rumput, sebagai generasi bangsa Indonesia Untuk itu, empat pilar kebangsaan ini harus dimaknai sebagai alat untuk membangun bangsa, dengan cara menyerap aspirasi warga untuk disampaikan kepada pemerintah melalui perwakilan di DPR.

Melalui sosialisasi, setidaknya dapat memberi pemahaman bagi masyarakat tentang kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini. Lebih dari itu, sebagai masyarakat yang majemuk harus mennjujung tinggi Pancasila sebagai pemersatu bangsa untuk mewujudkan pembangunan yang bisa dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Lebih lanjut, politisi senior dari PDI Perjuangan, menjaga persatuan Indonesia dengan mempersatuan rakyat merupakan wujud kekuatan dalam melaksanakan pembangunan yang dapat dinikmati warga di akar rumput. Dengan program pembangunan hingga pedesaan, maka hasilnya dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

“Saya mencoba memahami aspirasi masyarakat di akar rumput agar betul-betul bisa memperjuangkan desa yang tidak tanggung-tanggung. Selagi rakyat percaya, karena program aspirasi terwujud secara nyata,” ujar Sudjadi.

Dialog yang dipandu Bodrek tersebut, banyak aspirasi yang disampaikan warga, diantaranya disampaikan Giyono warga asal Dusun Salamsari, Desa Mranggen, Kecamatan Srumbung, terkait rencana pembangunan embung di desanya untuk peningkatan pengairan pertanian yang dampaknya meningkatkan ekonomi.

“Usulan pembangunan embung yang sudah mendapat perstujuan dari Kementrian PU PR, merupakan aspirasi yang dibawa anggota DPR RI Ir Sudjadi, sehingga nantinya bisa bermanfaat bagi masyarakat. Adanya embung, tidak hanya untuk pertanian, tetapi juga untuk pariwisata,” ujarnya. (ali subchi)