Mudik Lebaran 2023, Polri Bakal Masifkan Medsos untuk Informasi Bagi Pemudik

INILAHONLINE.COM, JAKARTA — Divisi Humas Polri berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, terutama saat ini sedang mudik lebaran 2023. Divisi Humas Polri memberikan informasi mudik yang cepat, tepat, sehingga pemudik bisa aman, nyaman dan berkesan.

Salah satu caranya yaitu Biro Multimedia Divisi Humas Polri memasifkan penyebaran informasi dan edukasi mudik Lebaran tahun ini melalui media sosial (Medsos).

Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Gatot Repli Handoko memaparkan, berbagai informasi maupun edukasi seputar mudik terus dibagikan tim multimedia Humas Polri di platform media sosial milik Humas Polri seperti Instagram, Facebook dan juga YouTube.

“Jadi penyebarluasan informasi seputar mudik bukan hanya melalui media mainstream (pengarustama), tapi untuk pemberian informasi kami lakukan juga di media sosial,” kata Gatot dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Ia menjelaskan, informasi dan diberikan bermacam-macam. Untuk informasi seperti jadwal pemberlakuan contra flow, one way, dan ganjil genap.

Kemudian informasi terkait kapan waktu terbaik melakukan mudik, lalu informasi jalur-jalu yang aman an lancar terhindar dari macet.

Sedangkan edukasi, seperti masyarakat imbau untuk mengiformasikan kepada kerabat atau ketua RT saat hendak meninggalkan rumah untuk mudik, lalu tip untuk menjaga kondisi kendaraan sehat selama perjalanan, atau menjaga kondisi tubuh tetap vit.

“Kami buat berupa konten-konten, video dan gambar-gambar yang disebar di semua platform media sosial milik Humas Polri,” ujarnya.

Selain itu, informasi dan edukasi seputar mudik ala Polri itu juga disebarkan ke 11 videotron milik PID Humas Polri yang terpasang di sepanjang jalur mudik mulai dari Pantura sampai Ketapang.

Adapun sumber informasi dan edukasi ini diperoleh oleh tim Multimedia DivHumas Polri dari sumber resmi, yakni kementerian dan lembaga terkait. DivHumas Polri proaktif memberikan edukasi dan informasi guna mensukseskan mudik Lebaran 2023.

Informasi dan edukasi yang diberikan DivHumas Polri juga mendapat umpan balik dari masyarakat yang mengikuti sejumlah akun media sosial Polri. Kata Gatot, banyak juga masyarakat yang bertanya kepada petugas terkait informasi jalan, atau kondisi jalan kepada petugas melalui kolom komentar atau pesan langsung

“Kami ada tim yang bertugas menjawab pertanyaan masyarakat. Pertanyaan itu kami tindaklanjuti dengan bertanya kepada sumber informasi, setelah diperoleh jawabannya, baru kami sampaikan kepada penanya,” tutur Gatot.

Selain itu juga, informasi dari masyarakat yang dibagikan lewat kolom komentar atau direct message juga menjadi sarana bagi petugas di lapangan untuk melakukan tindakan-tindakan dari informasi yang dibagikan.

Begitu juga bila ada informasi yang menyesatkan atau salah, DivHumas Polri akan memberikan cap hoaks bagi informasi yang tidak jelas sumbernya, setelah dikonfirmasi terlebih dahulu sebelumnya.

“Harapannya masyarakat selain memperhatikan informasi di media mainstream juga di media sosial untuk menambah informasi sehingga bisa merencanakan mudik kapan, jangan sampai berangkat di saat terjadi kepadatan, mencari informasi di media sosial, supaya pelaksanaan mudik lancar,” pungkasnya.(**)