Mujib Rohmat, Mendorong Kabupaten Kendal Sebagai Tempat Wisata Pantai dan Darat

InilahOnline.com (Kendal-Jateng) – Kabupaten Kendal yang mempunyai potensi alam dan budaya yang belum tersentuh, mendapat perhatian serius oleh anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat. Politisi dari Dapil satu (Kota Semarang,Kabupate Kendal, Kabupaten Semarang dan Salatiga) menilai Kabupaten Kendal di Jawa Tengah patut disebut sebagai kabupaten wisata.

”Kabupaten Kendal yang dilalui dari segala penjuru daerah terdapat potensi alam dan budaya Islami yang dapat diangkat sebagai daya tarik pariwisata,”ujarnya saat menghadiri rapat kerja PPWI Kendal, Sabtu (28/1/2018).

Menburut Politisi Partai Golkar ini, KabupatenKendal harus dianugerahi sebagai Kota Wisata, karena potensi alam dan budaya yang melimpah ruah dari utara hingga selatan.

”Saya tanya kepada kepala daerah, Kendal akan di-branding seperti apa? Mau jadi kabupaten seperti apa?,” ujarnya.

Menurutnya, jika dilihat di bagian utara Kendal terdapat potensi bahari yang eksoktik ditambah tradisi lokal seperti sedekah laut. Di bagian tengah seperti di Kaliwungu ada destinasi wisata religi.

”Setiap syawalan, puluhan ribu umat muslim tumplek blek di alun-alun mengadakan pesta rakyat untuk merayakan itu,”tutur politikus Partai Golkar ini.

Mujib mengatakan, wilayah selatan Kendal tak kalah menarik. Ada panorama alam seperti air terjun dan perkebunan yang dapat menarik wisatawan.

”Potensi itu dapat dibentuk sebagai agrowisata, seperti menggelar event festival buah atau sayuran. Kegiatan itu akan menarik para wisatawan,” tuturnya.

Ia mengatakan, jika mencermati semua potensi alam dan budaya itu sebagai peluang kabupaten Kendal menjadi kabupaten wisata. Semisal setiap kecamatan punya dua event tiap tahun, akan ada 40 event dari 20 kecamatan.

”Kegiatan ini dapat mendorong Kendal menjadi kabupaten wisata, apalagi kalau dikemas dengan baik akan bisa mendatangkanpara wisatawan mancanegara,”paparnya.(Suparman)