Pastikan Anggotanya Siap Kawal Pemudik, Kapolri Cek Pelabuhan Ciwandan dan Merak

INILAHONLINE.COM, BANTEN — Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan langsung ke Pelabuhan Ciwandan, Banten, bersama Menko PMK Muhajir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi dan Panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

Pelabuhan Ciwandan merupakan pelabuhan tambahan yang nantinya akan dioperasikan untuk kendaraan roda dua dan angkutan barang saat arus mudik lebaran 2023.
Sementara itu untuk di Sumatera juga sudah disediakan pelabuhan tanbahan yakni pelabuhan Panjang untuk membantu pelabuhan Bakauheni agar arus penyeberangan tidak tersendat karena antrian di dermaga.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan jika pada tahun ini diprediksi terjadi peningkatan terhadap jumlah pemudik. Oleh karena itu persiapan-persiapan pengamanan sudah dilakukan pada jauh sebelum pelaksanaan mudik ini bersama para stakeholder terkait.

“Setelah kita lakukan pengecekan bersama tadi, alhamdulillah sudah ada penambahan kapasitas rest area dan kapasitas tempat parkir, dan pengaturan langsung antara pelabuhan Ciwandan dan pelabuhan Merak ini bisa bermanfaat mengurangi beban terhadap resiko penumpukan yang terjadi,” sebut Listyo. Senin (10/4/2023).

Terkait penggunaan pelabuhan Ciwandan, Listyo meminta agar ini betul-betul disosialisasikan dari awal kepada masyarakat pemudik, persiapkan personel lebih baik dan rambu-rambunya, sehingga masyarakat yang belum tahu ini bisa tahu dan tidak menjadi hambatan.

“Kami dari kepolisian siap mengawal pemudik dari kerawanan-kerawanan sepanjang jalan, saya pastikan itu. Kami dari Polri siap mengawal pemudik baik yang berangkat siang maupun malam di sepanjang jalur turun dari Bakauheni ke tujuan masing-masing,” terang Listyo.

Dilain pihak, Menko PMK Muhajir Effendy menjelaskan bahwa ada pemberlakuan kebijakan baru yang telah disepakati bersama. Hal ini dilakukan karena sesuai dengan arahan bapak Presiden.

“Yang pertama yaitu penambahan pelabuhan yang semula hanya merak-bakauheni sekarang ini ditambah Ciwandan. Yang kemaren hanya sifatnya emergensi sekarang ini kita pastikan pelabuhan Ciwandan dijadikan tempat pelabuhan penyeberangan. Di sebelah Sumatera juga ada penambahan pelabuhan yaitu pelabuhan Panjang,” sebut Muhajir

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau kepada para pemudik yang akan menggunakan jasa penyeberangan Merak dan Ciwandan agar mempersiapkan tiket sehari sebelum keberangkatan, jangan beli go show karena tidak akan diberikan prioritas.

“Saya ucapkan terimakasih kepada pak Menko, Kapolri dan Panglima TNI yang memberikan dukungan yang luar biasa juga dirjen bina marga dan lembaga lainnya,” pungkas Budi.

Hadir dalam pengecekan Kabaintelkam Polri Komjen Pol Wahyu Widada, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi, Dirjen Hubdat Kemenhub Irjen Pol Hendro, Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilu Alif, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, Dirut ASDP Ira Puspadewi dan para pejabat lainnya.

Usai melakukan pengecekan di pelabuhan Ciwandan, rombongan juga melakukan pengecekan ke pelabuhan Merak, Banten.(*)

banner 521x10

Komentar