Pastikan Kesiapan Pengamanan Arus Mudik Berjalan Lancar, Wakapolri Tinjau Pelabuhan Merak

INILAHONLINE.COM, MERAK-BANTEN — Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono melakukan tinjauan ke Pelabuhan Merak, Banten. Peninjauan itu dilakukan untuk memastikan pengamanan mudik lebaran dari Jawa menuju Sumatera dan sebaliknya berjalan lancar.

Komjen Gatot mengatakan dirinya juga telah melakukan pemantauan via udara. Dari hasil pantauan tersebut, tidak didapati kepadatan lalu lintas ke arah Pelabuhan Merak.

“Kalau kita melihat, saya juga memantau dari udara, arus lalin sampai dengan hari ini masih lancar, tidak ada kemacetan dan tidak ada kepadatan arus lalu lintas sampai dengan Pelabuhan Merak ini,” kata Komjen Gatot di Pelabuhan Merak, Rabu (19/4/2023).

Komjen Gatot mengatakan arus lalu lintas berjalan lancar efek telah berfungsinya tiga pelabuhan, yaitu Merak, Bandar Bakau Jaya (BBJ), dan Ciwandan bagi para pemudik. Hal itu juga ditambah dengan jumlah kapal yang banyak difungsikan.

“Mungkin dikarenakan beberapa hal, pertama karena kita memfungsikan ada tiga pelabuhan, Merak, BBJ dan Ciwandan,” kata dia.

“Serta koordinasi yang baik antara Kapolda dengan teman-teman TNI, ASDP, dan KSOP, bisa menunjukkan sampai hari ini tidak ada kemacetan dan berjalan dengan baik,” sebutnya.

Komjen Gatot juga mengungkap hingga saat ini tidak ditemukan gangguan kemanan serta kecelakaan lalu lintas yang menonjol. Ia meminta agar ke depannya kerja sama berbagai pihak terus dilakukan untuk menjaga situasi yang kondusif di Pelabuhan Merak.

“Begitu juga dengan gangguan Kamtibmas, tidak ada gangguan yang menonjol, laka lantas kita tidak ada kejadian yang menonjol,” ungkapnya.

Diketahui, Pelabuhan Merak tidak lagi melayani pemudik yang menggunakan sepeda motor dan truk roda 6 atau lebih. Pemudik sepeda motor dialihkan ke Pelabuhan Ciwandan dan truk dialihkan ke Pelabuhan Bandar Bakau Jaya.***