Peduli Lingkungan, Secara Serentak Polresta Magelang Bersama Jajaran Polsek Bersihkan Sampah

INILAHONLINE.COM, MAGELANG — Secara Serentak Polresta Magelang Bersama Jajaran Polsek Bersihkan Sampah Kepolisian Negara Republik Indonesia peduli lingkungan secara serentak melakukan pembersihan sampah pada, Kamis (13/7/2023). Dengan tema “Membersihkan Sampah Serentak Bersama Polri”, Polresta Magelang juga turut melaksanakan kegiatan dengan sasaran di Terminal Borobudur dan Pasar Borobudur Kabupaten Magelang. Dan diikuti 20 Polsek jajaran melaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersih-bersih di wilayahnya masing masing.

Kapolresta Magelang Polda Jateng Kombes Pol Ruruh Wicaksono menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajarannya sebagai wujud kepedulian Polri khususnya Polresta Magelang terhadap lingkungan dan juga kesehatan masyarakat khususnya yang ada di sekitar lokasi. “Kegiatan bersih-bersih lingkungan ini tidak hanya dilakukan oleh personil Polri Polresta saja akan tetapi 20 Polsek di jajaran Polresta Magelang juga turut melakukannya di wilayahnya masing-masing.

Sasarannya adalah sampah yang berserakan dan menumpuk di sekitar permukiman warga, terminal, pasar, lokasi sekitar Kawasan Wisata Candi Borobudur dan pinggir jalan yang merusak pemandangan.
Kesehatan adalah yang paling utama maka dari itu lingkungan disekitar kita sejak dini mari kita jaga kebersihannya, sehingga penyakit dapat kita cegah dan kesehatan akan tetap selalu terjaga,” Ujar KBP Ruruh.

Kabag Ops Polresta Magelang yang memimpin kegiatan bersih-bersih sampah di lokasi Terminal Borobudur menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini kami bersama dengan Instansi terkait melakukan gotong royong untuk membersihkan sampah sampah yang ada. Hal ini untuk membantu dan menunjang kegiatan, dimana Borobudur merupakan Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia, kita bergabung bahu membahu seluruh Instansi TNI-Polri, Dinas terkait dan warga masyarakat, untuk menjadikan lokasi Borobudur umumnya Kabupaten Magelang menjadi bersih dan nyaman untuk dikunjungi wisatawan dan agar kita semua menjadi lebih perduli terhadap lingkungannya.

“Seratusan personil dilibatkan dalam kegiatan di Terminal Borobudur ini yaitu dari Gabungan bagian dan satuan fungsi di lingkungan Polresta Magelang, Koramil Borobudur, Lembaga Penanggulangan Bencana Desa (LPBD) Borobudur, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kebersihan Pasar dan Terminal, serta dihadiri oleh Kepala Pasar Borobudur. Pagi ini langsung kami mulai kegiatan untuk waktunya jika sudah bersih maka baru kita nyatakan selesai,” Jelas Kompol Eko Mardiyanto.

Dilokasi terpisah Polsek Grabag juga turut melaksanakan kegiatan bersih-bersih di lingkungan Terminal dan Pasar Grabag, dengan melibatkan para personil Polsek maupun Koramil Grabag, juga dibantu oleh Dinas Pasar.
“Ini dilakukan karena Terminal dengan Pasar berdekatan untuk memberikan kenyamanan serta kelancaran lalu lintas maupun warga yang akan berbelanja,” Terang Kapolsek Grabag AKP Slamet Mulyanto.

Perwakilan dari para pedagang pasar Borobudur, Pegawai Bus Trans Jateng serta Kepala Dinas Pasar Borobudur turut mengapresiasi Polri peduli lingkungan khususnya di pasar Borobudur ini sehingga lingkungan menjadi bersih. “Dalam logat Jawa, Matursuwun sanget dateng bapak Polri sampun bersihke pasar Borobudur mugi dipun paringi lancar kawulo sak rencang sale pados rejeki, lantaran bapak sedoyo sampun nglaksanaaken pembersihan meniko, suwun”, ungkap Ibu Wantinem salah satu pedagang pasar.

Ungkapan rasa terimakasih kepada bapak Kapolresta Magelang atas kerja bhakti bersih-bersih pasar untuk membersihkan lingkungan sekitar Terminal dan Pasar Borobudur juga turut disampaikan oleh Kepala Dinas Pasar Borobudur. “Mudah-mudahan harapan kami Terminal dan Pasar akan semakin bersih dan masyarakat serta para pedagang akan semakin lebih perduli akan kebersihannya untuk dapat menjaga kesehatan kita bersama”, kata Ibu Endang Pujiwati.

Juga ungkapan terimakasih diberikan oleh Perwakilan Bus Trans Jateng kepada para petugas Polri khususnya jajaran dari Polresta Magelang atas kegiatan bersih-bersih dilingkungan Terminal Borobudur ini.
“Semoga bisa menginspirasi dan dapat menjadi contoh untuk warga masyarakat sekitar khususnya dilingkungan Terminal ini untuk turut serta melaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan sehingga bisa menjadikan lingkungan bersih, sehat dan para penumpang akan menjadi lebih nyaman. Kami dari Bus Trans Jateng mendoakan semoga Polresta Magelang semakin sukses dan maju”, tutup bapak Rusiyanto. (ali subchi)