Pemdaprov Dukung Operasi Mantap Brata Lodaya untuk Pemilu 2024 Aman dan Damai

INILAHONLINE.COM, BANDUNG — Pemdaprov Jabar mendukung Operasi Mantap Brata Lodaya dari Polda Jabar untuk Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Jadwal pemilihan presiden dan legislatif serta DPD akan digelar serentak 14 Februari 2024.

Sementara pilkada untuk memilih gubernur, bupati dan wali kota akan digelar 24 November 2024.
Pemdaprov berkomitmen memberikan semua yang dibutuhkan Polda Jabar untuk melancarkan Operasi Mantap Brata Lodaya yang akan digelar di sisa 2023 sampai habis 2024 nanti.

“Kami sangat mendukung Operasi Mantap Brata Lodaya dalam kesiapan Jabar menghadapi pemilu 2024,” ujar Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin pada apel Operasi Mantap Brata Lodaya di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (17/10/2023).

Menurut Bey, operasi pengamanan pemilu diperlukan untuk menciptakan rasa aman, memberikan perlindungan, serta pelayanan kepada masyarakat. Operasi pengamanan juga diperlukan guna menegakkan hukum.

“Persiapan matang yang dilakukan Pemdaprov Jabar bersama Polri dan TNI merupakan upaya menjaga kondusivitas Jabar,” katanya.

Bey menjamin, Pemdaprov Jabar selalu menjaga netralitas ASN dalam pemilu, dan upaya ini harus juga dilaukan di tingkat kabupaten dan kota. Pengawasan melekat dari atasan ke bawahan maupun internal oleh Inspektorat, selama ini sudah berjalan.

Untuk pengawasan eksternal, Bey juga yakin Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) akan mengawasi jalannya pemilu termasuk jika ada pelanggaran dilakukan oknum ASN.

“Nanti akan ada Bawaslu dan internal kami mengawasi. Sanksinya memang pertama pasti peringatan terlebih dahulu, nanti sanksi lain kami bicarakan dengan internal Bawaslu,” kata Bey.

Dalam apel Operasi Mantap Brata Lodaya, selain Pj. Gubernur Bey Machmudin Jabar dan Kapolda Jabar Irjen Polisi Akhmad Wiyagus, hadir pula Pangdam III/Siliwangi Mayjen Erwin Djatniko.

Kapolda Jabar Irjen Polisi Akhmad Wiyagus mengatakan, sejauh ini tahapan demi tahapan pemilu di Jabar berjalan kondusif. “Sejauh ini saya sampaikan kondusif. Kita akan terus melakukan antisipasi terhadap hal-hal yang tidak kita inginkan,” kata Ahkmad Wiyagus.

Dengan Operasi Mantap Brata Lodaya dan dukungan Pemdaprov Jabar serta stakeholders lain, Kapolda berharap Pemilu 2024 di Jabar sukses seperti Pemilu 2019.(**/Frida)