Permudah Masyarakat Bikin SIM, Dirregident Luncurkan Buku Panduan Soal Ujian

INILAHONLINE.COM, JAKARTA — Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus, mengungkapkan ada sejumlah program yang dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh Surat Izim Mengemudi (SIM). Salah satunya, peluncuran buku panduan soal materi ujian teori SIM.

“Kemarin zaman dulu orang kalau bikin SIM itu pada saat ujian teori itu susah enggak atau. Tiba-tiba kaget dikasih soal. Sekarang kita kasih buku panduan, E-avis namanya,” ucap Brigjen Yusri kepada wartawan, Jumat (5/5/2023).

“Buku panduan yang kita taruh-taruh di tempat umum, kita taruh di Satpas-satpas sebelum dia ujian baca baca, ditaruh di perpustakaan,” sambungnya.

Selain itu, Brigjen Yusri menyebut, para pemohon SIM yang gagal dalam ujian praktik bisa langsung mengulanginya tanpa harus menunggu dua pekan. Ditambah, masyarakat kini bisa lebih dulu berlatih sebelumnya ujian praktik SIM di masing-masing Polres.

“Setiap hari Sabtu itu masyarakat masing-masing Kasat Lantas itu bikin latihan, yang mau ujian praktik minggu depan ambil SIM boleh di Polres gratis, ditungguin coaching clinic namanya,” tutup Yusri.(*)