Perumda Tirta Pakuan Tandatangani Kerjasama“Proof of Concept” dengan PT Elnusa

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor menjalin kerjasama dengan  melakukan penandatanganan Kesepakatan Kerja Sama Bukti Konsep (Proof of Concept) Teknologi Smart Retrofit dengan PT Elnusa Tbk, di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kecamatan Bogor Tengah, belum lama ini

PT Elnusa sebagai Subholding Upstream (anak perusahaan-red) PT Pertamina yang juga bergerak di bidang Teknologi Smart Retrofit ini berbasis Internet of Things (IoT) dan bisa mendukung pengelolaan air Di kota Bogor

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, saat ini merupakan jamannya berkolaborasi, dirinya berpendapat kesepakatan ini merupakan pilihan cerdas berkolaborasi dengan Elnusa. Untuk itu, ia berharap Perumda Tirta Pakuan tak hanya berkolaborasi dalam jangka waktu pendek.

“Saya minta ada transfer knowledge. Saya lihat sudah mulai adanya kebocoran cepat terdeteksi, perbaikan bisa cepat. Jadi PDAM itu tantangannya banyak untuk tetap menjaga kualitas pelayanan,” kata Bima Arya.

Menurutnya, banyak tantangan Perumda Tirta Pakuan Kedepan, pertama ada kebutuhan untuk meningkatkan produksi, ada kebutuhan untuk meminimalisir kebocoran air, ada kebutuhan untuk merapihkan data-data pencatatan penggunaan dari pelanggan.

“Dan itu semua dapat di lakukan dengan cara berkolaborasi tidak saja dengan anggaran dari Tirta Pakuan atau modal dari Pemerintah Kota,” katanya.

Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Rino Indira Gusniawan menjelaskan, dengan Elnusa berbasis IoT, maka hal ini akan semakin mempermudah dalam pembacaan meteran air akan lebih mudah dan otomatis.

“Pembacan meteran dapat dilakukan secara otomatis, sedangkan selama ini dilakukan manual dengan cara difoto meterannya dan kirim laporan hasil bacaannya,” tambahnya.

Rino mengatakan, setelah pemcaan metaran air sudah kita dapatkan secara valid melalui IT tersebut, maka kami baru kami melakukan penagihan. Namun nanti real time kami bisa dapat cek pemakaian di pelanggan, cuma ini masih bentuk konsep, kami harus buktikan bahwa dia kuat terhadap air, angin, debu, pencurian dan segala macam.

“Nah konsep ini yang akan kami coba, dan hari ini kerjasama sama dengan Elnusa juga dengan ada satu pihak lain lagi kita akan coba di sekitar 800 pelanggan kami di Kota Bogor,” tandasnya.

Lebih lanjut Rino mengatakan, untuk zona percobaannya, difokuskan di zona satu, jadi ada satu di daerah Tajur, satu lagi di Padjajaran, dan satu lagi di Rancamaya.

Sementara itu Dirut PT Elnusa Tbk Ali Mundakir mengungkapkan, sebelumnya pihaknya juga telah menjalin kerjasama serupa dengan Perumda Air Minum Tirta benteng Kota Tangerang dalam memberuikan solusi teknoligi IoT peneglolaan air di Kota Tangerang pada Februari 2019 dan juga dengan beberapa Perumda Air Minum lainnya yang hingga kini masih berlangsung.

“Pengembangan teknologi ini untuk mengurangi tingkat kehilangan air atau non-revenue water (NRW) dari sisi non teknis dan perusahaan penyedia air dan memudahkan masyarakat dalam mengatur penggunaan air di rumah,” tambahnya. (Ian Budi Lukio)