oleh

Petugas Lapas Paledang diberi pelatihan pencak silat Merpati Putih

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Para petugas di Lembaga Pemasyarakatan (lapas) kelas IIA Paledang diberikan pelatihan bela diri pencak silat Merpati Putih.

Pencak silat Merpati Putih telah menjalin kerjasama dengan beberapa lapas bahkan, beberapa kesatuan negara lainnya seperti brimob, kopassus dan lain-lain. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari program persatuan Merpati Putih dalam mengembangkan dan melestarikan seni bela diri nusantara,” ujar Kepala Lapas Kelas IIA Bogor, Gunawan Sutrisnadi saat ditemui Inilahonline.com Senin (20/2/17) Jl.Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Program ini, jelas Gunawan, sebenarnya sudah dilakukan beberapa lapas di daerah-daerah. Sedangkan untuk Bogor, ini baru yang pertama kali. Dan program ini sudah diusulkan beberapa waktu lalu hanya baru terealisasi sekarang,” paparnya.

Selain sebagai ilmu bela diri, Sambung Gunawan, kegiatan ini sama dengan olahraga yang tidak hanya membuat sehat tapi juga handal. Karena disini kita diajarkan metode pernafasan, ketangkasan dan lain-lain.

“Latihan ini akan kami rutinkan setiap hari Senin dan Kamis sore. Untuk petugas yang ikut berlatih sebanyak 90 petugas. Tapi kami harapkan ikut semua, tinggal membagi waktunya saja yang diatur,” bebernya.

Disisi lain, senior Merpati Putih Jawa Barat, Joko Dwi Priyono, menuturkan, ini adalah kerjasama kami dari Persatuan Merpati Putih dengan Lapas Kelas IIA Bogor. Merpati Putih cabang Bogor ini juga telah bekerjasama dengan Kopassus bataylon 14 Kemang, Bogor.

“Jadi program ini sudah dari 2014 kita kembangkan agar lebih memasyarakat. Yang sudah berhasil itu daerah Cirebon, dimana kita berikan pelatihan bela diri tangan kosong khas Merpati Putih hingga kita bisa menorehkan prestasi ditingkat nasional dan mendapat penghargaan dari Kemenhum dan HAM. Ada 27 petugas lapas yang menoreh prestasi. Saya harap di lapas ini pun bisa seperti Cirebon, disamping apa yang kita ajarkan ini menambah kemampuan dan kesigapan dalam menjalankan tugas hari-harinya,” pungkasnya. (nicko)