Pj Gubernur Jateng Luncurkan Specta 2024 Genjot Sport Tourism

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, meluncurkan Jawa Tengah Sport Tourism Event (Specta) tahun 2024. Peluncuran Specta 2024, ditandai dengan permainan Mobile Legend oleh Nana Sudjana dan Sekda Jateng Sumarno.

“Hari ini kita me-launching Jawa Tengah Sport Tourism 2024. Kita harapkan di samping mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga, kita pun untuk mengangkat pertumbuhan ekonomi dan pariwisata,” kata Nama Sudjana, seusai peluncuran Specta 2024, di Mal Tentrem Semarang, Minggu (21/4/2024) malam.

Ditambahkan, Specta 2024 berisi kompetisi dari 14 cabang olahraga, baik tingkat nasional maupun internasional. Antara lain, kompetisi bola voli, e-sport, off road, tenis lapangan, tenis meja, half marathon, muaythai triatlon, yoga, zumba, MTB, sepakbola, gerak jalan, Borobudur Maraton, dan gantole.

“Dari 14 ini, ada dua cabang olahraga yang sudah dipertandingkan. Pertama, bola boli yang kami laksanakan bulan Januari lalu. Event itu sifatnya juga nasional. Kedua, national e-sport competition yang dilaksanakan di Mal Tentrem Semarang ini,” katanya.

Adapun 12 event lainnya juga bersifat event nasional dan event internasional, yang rencananya akan diadakan beberapa bulan ke depan.

Nana berharap, penyelenggaraan event-event tersebut dapat mengangkat prestasi olah raga, dan meningkatkan daya tarik pariwisata di wilayahnya. Selain itu juga meningkatkan perekonomian bagi pelaku UMKM di Jawa Tengah, mengingat Specta 2024 diselenggarakan atas dasar potensi wisata dan olahraga Jawa Tengah yang cukup besar.

Oleh karenanya, imbuh Pj gubernur, untuk mengembangkan potensi itu, perlu kerja sama dari berbagai pihak, mulai dari pemerintah daerah, pusat, stakeholder terkait, media, hingga masyarakat.

“Sebelumnya, sudah ada event yang sudah mendunia, seperti Borobudur Marathon yang rutin diselenggarakan setiap tahun. Lalu ada Gantole International di Telomoyo, yang juga menarik peserta asing,” jelas Nana.

Sementara itu terkait National E-sport Competition yang digelar di Mal Tentrem, mendapatkan apresiasi penuh dari Pj Gubernur Nana Sudjana. Sebab, event itu mampu menghadirkan 600 tim dengan total 3.600 player dari Jawa Tengah dan beberapa daerah lainnya, seperti Jatim, DKI Jakarta, hingga Kalimantan.

“E-sport ini sudah menjadi olahraga yang digemari oleh anak-anak muda zaman now. Peminatnya cukup banyak. E-sport ini sudah tidak lagi nasional tetapi sudah internasional. Pertandingan event di sini akan menjadi ajang pemanasan juga, karena beberapa bulan ke depan kita akan melaksanakan PON di Aceh dan Sumut,” tandas Nana. (Suparman)