PT DI Gandeng Universitas Indonesia untuk Perkuat Industri Kedirgantaraan

Daerah, Pendidikan408 Dilihat

InilahOnline.com (Bandung-Jabar) – PT Dirgantara Indonesia (PT DI) setelah sukses melakukan penerbangan perdana pesawat N219. Kini, PT DI menggandeng Universitas Indonesia (UI) untuk riset dan pengembangan industri pesawat terbang Indonesia dan industri pertahanan strategis nasional.

Jajaran pimpinan UI pagi ini, selasa (5/9) melakukan pertemuan dengan direksi PT DI, di Jalan Pajajaran, No 154 Bandung, Jawa Barat. Dari pihak UI langsung dihadiri Rektor Prof. Muhammad Anis beserta para dekan. Turut juga hadir Staf Ahli Diplomasi Ekonomi, Ridwan Hasan dan Kemenlu RI. Mereka diterima langsung Direktur Utama PT DI, Elfien Guntoro.

Rektor UI Prof. M. Anis mengatakan, UI dengan fakultas multi disiplin ilmu yakin sinergitas antara UI dengan PT DI sebagai komponen penting dalam mewujudkan integrasi wilayah NKRI.

“Kerja sama ini menjadi faktor strategis dalam pembangunan untuk meningkatkan daya saing dan kesejahteraan Bangsa,” kata Anis.

Untuk itu, tambahnya, demi mewujudkan target, tentu sejumlah strategi alih teknologi dan peningkatan kualitas SDM sangat dibutuhkan. Diyakininya UI di sini bisa berkolaborasi dengan PT DI khususnya mencetak SDM handal mengelola kemandirian bangsa pada Industri Dirgantara.

“Kami juga mampu mendukung lewat berbagai penelitian dan pengembangan serta rekayasa inovasi teknologi pertahanan,” tandas Anis.

Sementara, Direktur Utama PT DI Elfien Goentoro menyambut, baik dukungan dan sinergi dari UI dalam membantu pengembangan kedirgantaraan di Indonesia.

“Dengan adanya sinergi dan peran dari UI dapat meningkatkan kualitas SDM yang handal dan profesional di PT DI khususnya sebagai Industri Pertahanan Indonesia yang Mandiri pada tahun 2045,” kata Goentoro.

Diharapkannya dengan adanya kolaborasi antara UI dengan PTDI dapat mendukung penguatan PTDI di dalam pengembangan Industri Pertahanan, layanan keamanan, teknologi dirgantara serta pengelolaan SDM Dirgantara yang handal dan berdaya saing Global. (Hilda)