Ruas Tol Solo-Kokrosono Sepanjang 88,33 KM Dioperasikan Sebelum Lebaran 2018

Inilahonline.com (Semarang-Jateng)- Ruas Tol Solo-Kertosono (Soker) yang melintasi perbatasan, Jawa Tengah-Jawa Timur dijadwalkan sudah dapat dioperasikan sebelum Lebaran 2018, menyusul proges pembanguan fisik kini sudah mencapai 95%.

”Dengan melihat progres itu ruas tol Solo- Kertosono sebagai jalur penghubung Jateng dengan Jatim itu, dipastikan bakal dioperasikan sebelum Lebaran tahun mendatang,”ujar Sekretaris Daerah Sri Puryono di Semarang, Jumat (19/1/2018).

Menurut dia, tol yang memiliki 10 simpang susun itu rencana diresmikan pada Januari 2018. Namun karena ada perubahan-perubahan desain di antaranya overpass dan underpass, jadwal peresmian menjadi tertunda hingga tiga bulan ke depan.

”Pembangunan fisik Tol Solo-Kertosono sudah tidak ada kendala yang berarti, bahkan dari Ngasem hingga perbatasan Jawa Timur progesnya sudah mencapai 95%. Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo sebelum Lebaran 2018 sudah harus siap beroperasi,” ujarnya seusai saat meninjau tol Soker itu, Kamis. (18/1).

Setelah tol Solo-Kertosono dioperasikan, dia menambahkan bakal dapat memperpendek waktu tempuh perjalanan Solo–Kertosono dari empat jam menjadi dua jam.”Jadi dengan adanya jalan baru ini waktu tempuh lebih pendek,”katanya.

Menurutnya, jalus tol Soker yang melintasi beberapa kabupaten diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di berbngai daerah terutama kabupaten yang wilayah dilaluinya.

”Pada jalur ruas tol Sragen, exit tol tidak hanya di Pungkruk, tapi juga di Sambungmacan, karena di ruas tol itu akan dikembangkan kawasan industri cukup besar,”tuturnya.

Tol Solo-Kertosono terdiri dari ruas Solo-Ngawi sepanjang 90,25 kilometer dan ruas Ngawi-Kertosono sepanjang 88,33 kilometer. Secara keseluruhan jalam tol ini memiliki 10 Simpang susun terdiri Simpang Susun Kartosuro, Bandara, Solo, jalan ke Purwodadi, Karanganyar, Sragen, Ngawi, Madiun, Caruban dan Nganjuk.

Ruas Tol Soker dibangun dengan struktur perkerasan rigid pavement atau perkerasan beton, sebagai upaya untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat, yang melintas dari sisi jalan tol ke sisi jalan yang lain, dan akan dibangun lebih dari 170 bangunan perlintasan berupa overpass maupun underpass.(Suparman).