Satpel Dishub dan Satlantas Polsek Cengkareng Razia Kelengkapan Kendaraan dan Tonase

INILAHONLINE.COM, JAKARTA – Satpel Perhubungan Cengkareng, Jakarta Barat melakukan razia truk pengangkut yang melewati wilayahnya. Sebab ditengarai, banyaknya truk yang melintas membuat arus lalu lintas di kawasan tersebut melambat.

Kasatpel Perhubungan Cengkareng Affandi Nofrisal mengungkapkan, padatnya lalu lintas di wilayahnya karena banyak jalan berlubang. Hal tersebut diduga kuat akibat banyaknya truk pengangkut melebihi batas tonase.

“Puluhan kendaraan bermuatan lebih kita cek fisik dan kelengkapan suratnya. Pengecekan kelaikan kendaran ini selain bertujuan melancarkan arus, juga mengamankan pengendara lainnya,” ujarnya, Selasa (17/7/2018).

Sementara Kepala Unit Pengujian Kendaraan Bermotor kedaung Angke Hendrico Tampubolon mengatakan pihaknya menyediakan mobil unit pengujian keliling PKB Kedaung Kali Angke (diluar kantor) portable. Mobil tersebut dapat melayani pengecekan emisi gas buang, menimbang beban, ada alat test Rem Portable dan pengukur cahaya.

“Kita cek fisik kendaraan, gas, lampu dan tes kebisingan suara kendaraan,” tuturnya.

Kanit Lantas Polsek Cengkareng AKP Surya Regama menambahkan, selain truk pengangkut, razia juga menyasar motor yang tidak dilengkapi surat-surat serta pengendara yang tidak menggunakan helm. “Yang tidak ada surat-surat dan tak taat aturan kita tilang,” tandasnya.

Dari 15 kendaraan yang terjaring razia, diantaranya delapan truk terjaring karena melebihi tonase, tiga truk tak layak operasi seperti kondisi ban yang aus dan dua kendaraan roda dua tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraannya. (CJ/Badar)