Sekda Paparkan Kebijakan Bidang Kesehatan

Megapolitan625 Dilihat

INILAHONLINE.COM, BOGOR – Maksud kedatangan rombongan delegasi Ministry of Local Government Rural Development & Co-Operatives, Bangladesh, ke Kota Bogor adalah untuk belajar dan ingin mengetahui lebih jauh menyangkut persoalan kesehatan terutama soal kebijakan pemerintah daerah terkait bidang tersebut.

Hal itu disampaikan Sekda Kota Bogor Ade Sarip Hidayat usai menerima rombongan studi delegasi Ministry of Local Government Rural Development & Co-Operatives, Bangladesh di Paseban Sri Bima, Balaikota, Jumat (11/05/2018).

“Ada beberapa hal yang ditanyakan oleh mereka. Diantaranya soal dukungan pendanaan, kebijakan infrastruktur, dan rekruitmen pegawai dalam pelayanan kesehatan. Seperti soal pendanaan kesehatan misalnya, kita jelaskan bahwa anggarannya sepuluh persen (dari APBD) sesuai dengan yang diamanatkan dalam undang-undang kesehatan,” jelas Sekda.

Selain bersumber dari APBD Kota Bogor, lanjutnya, pada kesempatan itu dijelaskan pula bahwa mekanisme penganggaran bidang kesehatan ini ditopang dan didukung oleh pemerintah provinsi dan pemerintah pusat. Ini belum termasuk bantuan secara non materi, yaitu berupa keterlibatan aktif masyarakat dalam pelayanan kesehatan.

“Yang jelas tadi kami sampaikan secara detail soal kesehatan ini seperti jumlah layanan kesehatan mulai dari Posyandu, Pustu, Puskesmas hingga RSUD berikut rasio jumlah dokter dan pegawai non medis lainnya,” ungkap Sekda. (Agha Dwi Rizkianto)