Selama 10 Tahun Kepemimpinan Bima Arya, Pemkot Bogor Sabet 374 Penghargaan

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berhasil meraih 374 penghargaan atau prestasi selama 10 tahun Bima Arya menjabat sebagai wali kota Bogor. Baik tingkat regional, provinsi, nasional maupun internasional.

Tercatat hingga Kamis (14/12/2023) dalam kurun waktu 2014-2023, ada 343 penghargaan yang diterima Pemkot Bogor dan 31 penghargaan pribadi. Dengan rincian 12 Penghargaan Regional, 136 Penghargaan Provinsi, 201 Penghargaan Nasional dan 25 Penghargaan Internasional.

Berbagai penghargaan yang diraih oleh Pemkot Bogor tersebut diberikan di berbagai bidang, utamanya konsistensi Kota Bogor di dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Penghargaan yang telah diraih Kota Bogor diantaranya, di tahun 2016 Kota Bogor berhasil menyabet gelar “The Most Lovable City” Se-Dunia. Penghargaan tingkat internasional ini melibatkan kontribusi warga Kota Bogor untuk memberikan dukungan mereka kepada kota tercinta. Kota Bogor mengalahkan sejumlah kota besar lainnya di dunia, termasuk Kota Jakarta, Balikpapan dan Paris.

Kemudian, di tahun 2019 Bima Arya berhasil menyabet penghargaan Tokoh Pengendali Tembakau dari WHO (World Health Organization). Penghargaan tingkat internasional dari organisasi bidang kesehatan dunia PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) tersebut sebagai bentuk apresiasi kepada tokoh/individu atas perjuangan dan kepemimpinan Bima Arya dalam upaya menerapkan kebijakan yang menjamin masyarakat hidup dalam lingkungan sehat dan terhindar dari bahaya asap rokok.

Di 2021, Program Bogor Tanpa Kantong Plastik (BOTAK) mendapatkan penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Program untuk mewujudkan tata kelola lingkungan hidup yang baik dan berkelanjutan ini menyabet kategori Smart Environment.

Tak hanya itu, penghargaan bergengsi lainnya, setelah 28 Tahun, Bima Arya mencatatkan sejarah Kota Bogor menyabet Piala Adipura. Penantian panjang Kota Bogor untuk mendapatkan Piala Adipura setelah 28 tahun akhirnya berbuah manis.

Piala Adipura yang dirindukan warga Kota Bogor sekaligus sebuah penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup, kebersihan dan pengelolaan sampah berhasil diraih kembali Pemkot Bogor di ajang Penghargaan Anugerah Adipura 2022 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Di tahun 2022, Kota Bogor menjadi Kota Toleran Peringkat ke-4 Variabel Tindakan Pemerintah dan Jumlah Penduduk berdasarkan laporan Indeks Kota Toleran (IKT) SETARA Institute. Pencapaian itu menandakan kepemimpinan toleransi Bima Arya sebagai Wali Kota menyumbang skor yang besar.

Kemudian di tahun 2023 Kota Bogor kembali menyabet predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), 7 Kali Berturut-turut. Predikat WTP berhasil dipertahankan Kota Bogor sejak tahun 2016. Kali ini, Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022 merangkum nilai 81,24 persen.

Di penghujung masa jabatan Bima Arya, Pemkot Bogor meraih penghargaan Instansi Pemerintah Implementasi Reformasi Birokrasi (RB) Tematik Terbaik 2023 dari Kementerian PAN-RB. (Adv)