Semarang Night Carnival Tahun 2018 Dipenuhi Ribuan Warga Yang Melihat Langsung

Jawa Tengah, Wisata1370 Dilihat

INILAHONLINE.COM, SEMARANG – Semarang Night Carnival (SNC) 2018 yang digelar di sepanjang jalan Pemuda Semarang, dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Semarang ke-471, Sabtu (5/5/2018) malam, dipadati ribuan warga yang ingin melihat secara langsung

Di sepanjang rute karnaval seni budaya itu, banyak warga berdesak-desakan dan tumpah ruah memadati pinggir jalan, untuk menyaksikan para peserta SNC yang mengenakan berbagai kostum unik, glamour, dan gemerlap.

”Wah peserta yang ikuta dalam Carnival, menggunakan kostum yang begus sehingga berkesan sangat mahal,”kata Ina warga Semarang dalam menanggapi perserta carnival tersebut.

Sementara petugas keamanan dari satuan polisi pamong praja (PP), kepolisian, dan panitia beberapa kali meminta warga untuk mundur karena posisinya yang terlalu ke tengah jalan menghambat peserta karnaval.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyebutkan pergelaran SNC 2018 kembali memakai label “internasional” setelah pada tahun lalu menyematkan istilah tersebut karena banyak negara sahabat berpartisipasi.

Pada SNC 2017, politikus PDI Perjuangan itu yang disapa Hendi itu menyebutkan setidaknya empat negara sahabat berpartisipasi, yakni Thailand, Taiwan, Srilanka, dan Korea Selatan dengan mengirim delegasi menjadi peserta karnaval.

“Pada tahun ini, International SNC 2018 diikuti oleh delegasi dari empat negara sahabat, yakni India, Korea Selatan, Taiwan, dan Senegal. Bukan hanya agenda wisata Kota Semarang, SNC adalah agenda wisata nasional,” kata Hendi.

Para perwakilan dari empat negara sahabat yang berpartisipasi pada SNC tahun ini pun terlihat di panggung utama bersama Wali Kota Semarang, termasuk pula anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Juliari Pieter Batubara.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang Masdiana Safitri menyebutkan, tema besar Semarang Nigh Carnival 2018 adalah “Kemilau Semarang” yang terbagi dalam empat subtema mewakili potensi yang dimiliki Kota Atlas.

Empat subtema yang diangkat dalam SNC 2018, yakni Masquerade Gold (Batik Semarangan), Masquerade Silver (Art Deco), Masquerade Red (Kampung Pelangi), dan Masquerade Blue (pantai).
Beberapa daerah juga berpartisipasi dalam pergelaran SNC 2018, seperti Kabupaten Pemalang, Jepara, Grobogan, Kota Salatiga, Kota Manado (Sulawesi Utara), dan Kabupaten Keerom (Papua).

Sementara itu, anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Tengah I Juliari P Batubara mengapresiasi, SNC yang menjadi agenda tahunan untuk mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan ke Kota Semarang.

”Bukan hanya agenda wisata Kota Semarang, tetapi agenda wisata nasional. Kami terus mendorong terobosan-terobosan yang dilakukan untuk memajukan sektor pariwisata Kota Semarang,” kata politikus PDI Perjuangan itu.(Suparman)