oleh

Wakil Walikota Bogor Bersama Dirut Perumda Tirta Pakuan Hadiri Graduation Ceremony Academy HIPMI Goes To School Di SMK Wikrama

INILAHONLINE.COM, BOGOR– Wakil Walikota Bogor bersama Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor hadir Graduation Ceremony (acara wisuda-red) “AcademyHIPMI Goes To School” Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Wikrama, di Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Kamis (21/4/2022).

Program HIPMI Goes to school ini merupakan program terbaru dari program HIPMI Academy untuk mencetak pengusaha muda di Kota Bogor. Sedikitnya 600 siswa SMK Wikrama mengikuti programn tersebut yang digagas dan diprakarsai oleh para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Kota Bogor

Wakil Walikota Bogor Dedie A Rachim bahkan menyampaikan penghargaan dan mengapresiasi kegiatan program HIPMI Kota Bogor yang sudah konsisten membimbing dan menciptakan lebih banyak enterpreneur- enterpreneur baru yang basic-nya dari siswa SMK.

“Dengan program ini dapat memicu produktifitas dan keinginan siswa untuk menjadi pengusaha yang tangguh, karena menjadi pengusaha yang tangguh itu kan tidak instan harus melalui tahapan dan proses yang keras,” katanya.

Lebih lanjut, Dedie A Rachim melihat ada sesuatu yang menarik dari program HIPMI Goes To School ini. Karena menurutnya, para siswa tidak perlu menjalani proses sendiri, tetapi melalui proses bimbingan oleh anggota HIPMI yang berpengalaman di bidangnya.

“Ini diharapkan bisa mengispirasi siswa bukan hanya untuk menjadi pekerja tapi untuk menjadi pengusaha, karena pekerja sudah banyak, kita mencari pengusaha-pengusaha tangguh, pengusaha yang mampu menjawab tantangan global dan juga meningkatkan perekonomian bangsa,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirut Tirta Pakuan, Rino Indira mengatakan, pihaknya ikut mendukung kegiatan HIPMI Academy dalam mencetak pengusaha-pengusaha muda sedari bangku sekolah. “Sangat tertarik dan mendukung salah satu proyek siswa yang menciptakan game pada platform android,” ucapnya.

Untuk itu, Rino menyatakan, Kedepan nanti Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor akan terus mensupport (mendukung-red) kegiatan-kegiatan positif dalam pengembangan minat siswa terhadap dunia usaha.

Sementara itu, Ketua HIPMI Kota Bogor, Marwan Suherwan mengatakan, program HIPMI Goes To School ini bertujuan memberikan pelatihan kewirausahaan kepada siswa kelas XII (kelas tiga-red).. Selain itu, program ini juga memberikan motivasi dan semangat siswa untuk menjadi pengusaha atau entrepreneur.

“Harapan kami lulusan SMK itu tujuannya bukan menjadi pekerja, tapi bagaimana mereka mempunyai semangat untuk menjadi pengusaha. Mereka bukan saja diberikan pelatihan, tapi juga bagaimana mereka bisa menjalankan ide bisnis dengan diberikan investasi dari kami,” ucapnya.

Dikatakan Marwan, dalam program ini HIPMI Kota Bogor memberikan investasi kepada 10 kelompok terbaik untuk dapat mengembangkan usahanya. “Investasi yang diberikan memang berbeda, tapi yang harus diperkuat adalah mental mereka, sehingga mereka berani menjalankan usaha dan berani menerima dana investasi dari kita,” katanya.

Marwan juga menambahkan, bahwa pihaknya tetap akan memberikan pendampingan dan melakukan kontrol sampai para siswa tersebut benar-benar menjalankan usahanya. “Pelatihan kewirausahaan itu banyak, tapi yang melahirkan pengusaha baru HIPMI Kota Bogor,” ujarnya.

Demikian juga untuk kedepan akan banyak lagi SMK yang bekerjasama dengan HIPMI dan kita akan kembali jalankan program HIPMI Goes To School ini di Kota Bogor. “Sepuluh kelompok yang mendapatkan investasi dari HIPMI harus bisa menjalankan usahanya sesuai dengan dana yang diberikan,” harap Marwan.

Dengan demikian, lanjut Marwan, pihaknya mengajarkan para siswa untuk bisa bertanggung jawab mengelola dana investasi, karena ini merupakan pengalam baru bagi mereka. Sehingga bagaimana bisa menjaga amanah dari investor dan bisnisnya bisa berjalan dan bisa membuka lapangan pekerjaan.

“Harapan kami setelah berjalan, mereka bisa meng-hire semua lulusan SMK. Karena tujuan kita melahirkan pengusaha dan mengurangi angka pengangguran. Kami berharap, semoga program HIPMI Goes To School akan terus maju dan dapat mencetak pengusaha-pengusaha baru di Kota Bogor.

Hal senada juga disampaikan Kepala Sekolah SMK Wikrama, Iin Mulyani, dengan melalui program HIPMI Goes To School ini, pihaknya ingin melahirkan lulusan yang memiliki mindset berwirausaha dan memiliki pengalaman berwirausaha dengan bekerjasama dengan HIPMI Kota Bogor sebagai pendamping dan memonitoring program kewirausahaan.

“Karena kami yakin, HIPMI adalah himpunan pengusaha yang memiliki pengalaman, sehingga bisa di tularkan kepada murid kami khusunya kepada yang di wisuda pada hari ini,” tuturnya.

Selain itu Iin menambahkan, bagi kelompok yang mendapat investasi akan terus dipantau oleh pihak sekolah dan selanjutnya akan dilihat perkembangannya bersama HIPMI.

“Kami harapkan dari mereka muncul usaha-usaha baru yang bisa mewarnai perekonomian Kota Bogor dan bisa mengajak adik kelas untuk bisa mencontoh mereka yang berhasil menggandeng investor untuk mengembangkan usaha mereka,” pungkasnya. (PH)