Bupati Bogor : Peringatan HUT Koperasi Ke-69, Sarana Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Koperasi

Megapolitan367 Dilihat

detakbogor.com, Cibinong – Untuk melakukan evaluasi peran dan fungsi koperasi, serta membangun sistem ekonomi yang kuat dan berpihak terhadap rakyat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor menggelar Hari Peringatan Koperasi ke-69 Tahun 2016 tingkat Kabupaten Bogor, dengan menggelar Produk Koperasi dan UKM di Lapangan Tegar Beriman, Jumat (5/8).

Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, peringatan Hari Koperasi sangat penting untuk dilakukan sebagai sarana pengembangan demokrasi ekonomi yang berpegang teguh pada etos kebersamaan, efisieni dankeadilan. Untuk itu, kegiatan tersebut dijadikan wadah untuk mengevaluasi sejauhmana gerakan koperasi di kabupaten Bogor.

“Koperasi memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat khususnya di Kabupaten Bogor,” ujar Nurhayanti.

Katanya menambahkan, selain itu kegiatan tersebut dijadikan sarana untuk mendeteksi kekurangan dan kendala yang menghambat pertumbuhan koperasi di Kabupaten Bogor. “Sehingga kita dapat merancang langkah-langkah dan program lanjutan yang efektif dan tepat sasaran untuk membangun sietem ekonomi yang kuat dan berpihak kepada rakyat,” ungkapnya.

Upaya termaksud sangat penting, terutama bila dihubungkan dengan gerakan reformasi koperasi yang sedang dikembangkan pemerintah Kabupaten Bogor, dalam rangka memasyarakatkan dan mengembangka ngerakan koperasi secara optimal. Selain itu program reformasi koperasi juga memberikan perhatian terhadap aspek Sumber Daya Manusia, baik dalam pengawasan aupun manajeme nkoperasi.

“Sehingga upaya- upaya pengembangan koperasi dapat dilakukan lebih intensif dengan dukungan sistem manajerial dan kapasitas pengelola yang kompeten,” Kata Bupati.

Nurhayanti menjelaskan, berdasarkan laporan hingga akhir tahun 2015 terdata, sebanyak 1.218 unit koperasi yang aktif di Kabupaten Bogor. “Meski demikian, kita masih harus meningkatkan pembinaan dan dorongan terhadap 482 unit koperasi lainnya yang tidak aktif, tegasnya.

Ia juga menghimbau agar seluruh gerakan koperasi memberikan perhatian khusus terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya pengelola koperasi. Agar mampu menarapkan prinsip-prinsip manajemen yang tepat,

“dalam rangka meningkatkan citra Kabupaten Bogor sebagai pusat lembaga koperasi yang prospektif dan berdaya saing tinggi serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh,” imbuhnya. (kominfo/zack)