oleh

Selama Pandemi Covid-19 Belajar di Rumah, Bripka Budi Hartono Keliling Desa Bawa Buku Pelajaran Siswa

INILAHONLINE.COM, KOTA WARINGIN

Selama Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Coovid-19), tak semua siswa di desa Sungai Paring Kecamatan Cempaga Kabupaten Kota Waringin Kalteng bisa belajar secara normal, jika dibanding dengan teman-temannya yang berada di perkotaan. Mereka yang mengalami kesulitan itu kebanyakan berada di desa terpencil dengan minimnnya fasilitas dan tidak adanya jaringan untuk mengakses internet.

“Meski tidak ada signal internet di daerahnya yang terpencil, tapi tidak menyurutkan niat saya untuk menyiasati agar mereka tetap belajar, yaitu dengan cara menggunakan layanan short message service atau SMS, dikarenakan jaringan internet di wilayahnya tidak bisa diakses,” tutur seorang Bhabinkabtimas Polsek Cempaga Polres Kota Waringin, Bripka Budi Hartono

 

Dengan segala keterbatasan, membuat Bripka Budi Hartono merasa risau ketika warganya ada yang tidak bisa belajar di sekolah, dikarenakan mengalami kesulitan. Dirinya merasa risau, sehingga harus melakukan sesuatu agar para siwa tetap bisa belajar di rumah meski dengan segala keterbatasan di tengah pandemi Covid-19. Itulah, yang menbuat dirinya harus berkoordinasi dengan kantor Dinas Pendidikan (Disdik) di Kabupaten Kota Waringin untuk menyampaikan kerisauan dirinya itu.

“Dengan diberlakukannya PSBB yang berdampak kepada anak anak sekolah yang diliburkan dan mengharuskan siswa tetap tinggal dirumah sampai batas waktu yang belum ditentukan, maka para siswa tetap belajar meski dari rumah,” ujarnya.

Upaya Bripka Budi Hartono dengan berokoordinasi dengan Disdik setempat, akhirnya membuahkan hasil, yakni pihaknya bisa mendapatkan bantuan buku buku pelajaran sekolah atau buku apa saja yang akan dibawa keliling desa untuk dipinjamkan kepada anak-anak di desa di Cempaga Kota Waringin untuk tetap belajar di rumah, meski sekolahnya ditutup dan diliburkan selama pandemi Covid-19.

“Dengan adanya buku-buku ini, saya berharap bisa dibaca dan digunakan untuk belajar anak-anak. Buku-buku ini akan kami bawa keliling desa,” ungkap Bripka Budi Hartono.

Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Risyapudin Nursin, SIK memuji rasa kepedulian Bripka Budi Hartono yang telah membantu warganya yang tidak bisa belajar disekolah, sehingga bisa melakukan pelayanan dengan membantu menyiapkan buku buku pelajaran sekolah, yaitu dengan cara membawa buku-buku itu dari rumah kerumah, dengan tujuan agar para siswa di daerahnya bisa tetap dapat belajar, sehingga terhindar social distancing dan physical distancing.

“Bhabinkamtibmas adalah petugas Polri yang bertugas di tingkat desa sampai dengan kelurahan yang bertugas mengemban fungsi preemtif yakni, memberikan konsultasi terhadap obyek pemeriksaan tentang permasalahan-permasalahan yang dihadapi. Selain preemtif, Polri juga mengemban fungsi preventif dalam melaksanakan pengawasan dari proses perencanaan dalam seluruh fungsi dengan bekerjasma masyarakat setempat,” kata Risyapudin Nursin

Menurut Jenderal Polisi bintang dua teresbut, Bhabinkabtimas bekerjasama dengan masyarakat setempat, maka para Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek-Polsek memiliki kepekaan dan rasa kepedulian terhadap situasi dan kondisi, dimana mereka bertugas. Seperti rasa kepedulian sosial Bripka Budi Hartono yang dilakukan terhadap warganya yang tidak bisa belajar disekolah karena Pandemic Covic-19, merupakan wujud nyata dari program Solidaritas Sosial Korbinmas Baharkam Polri.

“Semoga ide Bripka Budi Hartono sebagai Bhabinkamtibmas dapat diikuti dan menjadi motivasi para Bhabinkamtibmas lainnya diseluruh jajarannya untuk menumbuh kembangkan kreatif inovatif yang bersifat preemtif dalam rangka pemeliharaan Kamtibmas ,”tandasnya.

(Nanang Purnomo/PH)

Komentar