oleh

Pangdam IV/Diponegoro : Wujudkan Revitalisasi Danau Rawa Pening Yang Tertib Administrasi

INILAHONLINE.COM, SEMARANG — Keseriusan Kodam IV/Diponegoro dalam percepatan revitalisasi Danau Rawa Pening Bersinar Jateng Gayeng semakin terlihat saat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto mengunjungi lokasi pengerjaan yang dilakukan oleh Personel Yon Zipur 4/TK dengan dibantu oleh masyarakat setempat.

Danau Rawa Pening, di Kabupaten Semarang menjadi salah satu danau yang super prioritas penanganan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna mengembalikan fungsi alami Danau sebagai tampungan air melalui pengerukan sedimen, pembersihan gulma air/eceng gondok, pembuatan tanggul, termasuk penataan di kawasan daerah aliran sungai.

Namun berbagai persoalan yang dihadapi dalam revitalisasi Danau Rawa Pening seperti kepemilikan tanah pada area sempedan-badan air, gulma air eceng gondok maupun Karamba Jaring Apung (KJA) masih menjadi kendala dalam pengerjaannya.

Berkaitan dengan hal tersebut, dalam kunjungannya Pangdam IV/Diponegoro mengatakan bahwa percepatan harus segera dilakukan guna mengejar taget yang telah ditentukan. Pengerahan alat alat berat juga harus dimaksimalkan serta penertiban keramba juga harus dilakukan.

“ Saya minta semuanya tertib administrasi tidak ada yang tidak tertib” tegasnya di Semarang, Senin (19/7/2021).

Sebelumnya, Kodam IV/Diponegoro dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Juana telah sepakat untuk membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) sesuai dalam PKS No Kerma/13/VI/2021 tanggal 15 Juni 2021 dalam pelaksanaan revitalisasi Danau Rawa Pening dan saat ini proses pengerjaan telah mencapai 22,82 hektare. Terlihat dengan beberapa alat berat yang seperti Exca Ponton Cat 320 sebanyak 3 unit, Exca Ponton sebanyak 12 unit, Exca Longarm sebanyak 1 unit dan Stoom/Perahu sebanyak 4 unit turut digunakan saat pelaksanaannya.(Suparman)

Komentar