oleh

25 Puskesmas Kota Bogor Laksanakan Vaksin Booster Untuk Pelayan Publik hingga Lansia

INILAHONLINE.COM, BOGOR — Sebanyak 25 puskesmas dan 68 kelurahan di Kota Bogor serentak melansungkan vaksin booster Covid-19 mulai hari ini, Kamis (13/1/2021). Ada 112.689 warga yang menjadi target penyuntikkan vaksin ketiga ini.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A. Rachim meninjau langsung proses vaksinasi booster hari pertama di Puskesmas Semplak, Kecamatan Bogor Barat. Dedie bersama Komandan Korem (Danrem) 061 Suryakencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi, Dandim 0606 Kota Bogor Kolonel Inf Roby Bulan, dan Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro juga ikut dilakukan penyuntikkan.

Dedie mengungkapkan, vaksin dosis ketiga atau booster ini memiliki gejala yang hampir sama dengan penyuntikkan sebelumnya, seperti pegal – pegal. Namun setelah melewati masa Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), semua berjalan normal.

“Memang karena saya sudah lama dari vaksin kedua itu sekitar 9 bulan lebih terasa pegal. Tapi KIPI-nya juga sudah lewat 15 menit, sudah aman,” kata Dedie di Puskesmas Semplak.

Dedie mengatakan jika masyarakat khususnya lansia dan komorbid sangat antusias dalam mengikuti vaksinasi booster. Sehingga dengan begitu, dalam waktu dua bulan, target bisa selesai.

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bogor, Sri Nowo Retno menjelaskan, vaksin booster ini diberikan enam bulan setelah dosis kedua. Ada total 112.689 target masyarakat yang divaksin booster.

“Prioritas kita fokuskan ke lansia. Karena yang sudah bisa di booster adalah 34.000 dan hari ini kita sudah serempak di 25 puskesmas dan 68 kelurahan. Untuk lansia menghabiskan sisa vaksin kita sekitar 23.000 dosis. Jenis vaksinnya Astrazeneca, setengah dosis yang diberikan,” kata Retno sapaan Kadinkes.

“Target kita menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin, ada Astrazeneca dan Pfizer. Begitu vaksin tersedia, akan kita vaksin dengan targetnya sekitar 112.000 pelayanan publik juga lansia, TNI, Polri, dan ASN sesuai prioritas,” terangnya.

Menambahkan, Danrem 061 Suryakencana, Brigjen TNI Achmad Fauzi mengatakan, vaksin booster ini mempercepat terbentuknya herd immunity yang ada pada masyarakat Kota Bogor. Menurut Danrem, vaksinasi booster ini di Kota Bogor adalah yang pertama kali diselenggarakan.

“Tadi kita juga saya (Danrem), Pak Dandim, Pak Kapolresta, Pak Wakil Wali Kota, pak camat, lurah sama-sama melaksanakan vaksinasi booster. Di Kota Bogor Alhamdulillah sangat meriah dan luar biasa. Hari ini kita contohnya per Kelurahan targetnya 200 (orang), ternyata antusiasme melebihi yang diekspektasikan,” ungkap Danrem.(ian Lukito).

Komentar