oleh

275 Offroader Meriahkan HUT Kodiklatad ke 25 di Hambalang

INILAHONLINE.COM, HAMBALANG

Sebanyak 275 kendaraan ikut dalam gelaran Adventure To Hambalang untuk memperingati Hari Juang TNI AD ke-74 serta HUT Kodiklatad ke-25. Sabtu (30/11/2019).

Kegiatan diawali dengan acara sarapan di Parkiran Sirkuit Sentul. Rombongan peserta pun memulai start untuk menuju Hambalang Hill dengan mengitari sirkuit Sentul.

Ketua Dewan Pembina Indonesia Offroad Federation (IOF) yang merupakan Dankodiklatad Letjen TNI A.M Putranto mengatakan, kegiatan ini rangkaian peringatan HUT ke-25 Kodiklatad yang jatuh pada 10 Desember 2019 mendatang.

“Sebelumnya ada lomba tembak AARM 2019 yang konsepnya oleh KSAD diubah bukan kompetisi tapi lebih kebersamaan. Jadi semua harus merasa nyaman,” ujarnya.

Para offroader Adventure AKABRI ’87 Community (AA87C) serta dari komunitas lainnya memacu kendaraan mereka. Ada beberapa jalur yang dipersiapkan panitia, baik untuk mobil biasa, hingga jalur ekstrim untuk mobil 4×4.

Jalur menanjak berbatu, dengan kombinasi tanah becek pun menjadi santapan para offroader. Bahkan untuk pilihan jalur ekstrem, kendaraan harus menyeberangi sungai dan jalur bukit yang cukup sempit.

Perjalanan menuju Hambalang Hill pun tidak mudah, banyak offroader yang kesulitan di tanjakan terakhir yang sudutnya hampir 50 derajat. Sebab jalan tanah yang sehabis diguyur hujan, kerap menjebak roda mobil.

Bahkan akibat salah memilih titik pijak, satu mobil peserta terbalik dan masuk ke parit. Beruntung, pengemudi tidak mengalami luka. Dan dengan kekompakan dari para offroader, mobil tersebut berhasil dievakuasi dan melanjutkan perjalanan.

Sesampainya di Hambalang Hill, para offroader pun langsung menyantap makan siang dan beristirahat. Mereka juga dihibur dengan lantunan lagu-lagu. Bahkan usai makan, banyak dari peserta yang menyumbangkan suaranya. Sontak saja peserta lainnya ikut berdendang dan bergoyang bersama.

Meskipun didominasi offroader pria, namun ada beberapa juga offroader perempuan yang ikut gelaran ini. Salah satunya Nora Tristyana yang merupakan istri dari Mantan Menhan Ryamizard Ryacudu.

“Saya tertantang dan sekarang tidak mengecewakan beliau (A.M Putranto). Saya berusaha konsentrasi,” ucapnya saat di garis finish Hambalang Hill.
Menurutnya, kegiatan ini sangat memacu adrenalin untuk meningkatkan semangat. “Kita lihat keindahan alam Indonesia. Jadi semangat NKRI bagi bangsa.

“Di sini nilainya luar biasa, kerja tim, tidak bisa sendiri. Ada loyalitas, kerjasama dan saling menghargai. Saya siap kalau diajak lagi. Kepada para prajurit saya bangga, terharu karena membantu suksesnya acara ini,” ungkapnya.

Keakraban semakin terasa diantara peserta Adventure To Hambalang dengan jajaran Kodiklatad dalam rangkaian doa bersama yang dilanjutkan makan malam dengan berselimut kabut tebal di Hambalang Hill.

“Semakin jaya Kodiklatad, TNI makin kuat dan disegani oleh negara lainnya. Dapat terus menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ucap Badar Subur, Kepala biro inilahonline.com DKI Jakarta

(Mohammad Iqbal)

Komentar