35.000 Personil POLRI dan TNI Siap Mengamankan Jalannya Pelaksanaan Pemilu 2019

INILAHONLINE.COM, SEMARANG

Gelar pasukan pengamanan kampanye terbuka dan pengamanan TPS Pemilu 2019, dilakukan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jateng, TNI dan unsur komponen masyarakat lain di lapangan Pancasila Semarang, Jumat (22/3/2019).

”Untuk pengamanan pesta demokrasi itu, diterjunkan sekitar 35 ribu personil gabungan TNI dan Polri diterjunkan di lapangan, sehingga siap mengamankan dan menjaga berlangsungnya Pemilu damai yang akan digelar 17 April 2019 mendatang,”ujar Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono yang didampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Muchamad Effendi.

Menurut Kapolda, untuk mengamankan Pemilu 2019, Polri akan menerjunkan sebanyak 23.000 personel dan ditambah dari pasukan TNI sebanyak 12.000 personil dan dari Pemrov Jateng akan menyiapkan Anggota Linmas berjumlah dua orang disetiap TPS.

“Sudah kita dengarkan bersama tadi komitmen TNI Polri serta ASN itu netral dan akan mengamankan Pemilu 2019 mendatang,” ujarnya seusai mengikuti apel gelar pasukan pengamanan pemilu dilapangan Pancasila Semarang, Jumat (22/3).

Menurutnya, Jateng termasuk kategori wilayah yang aman, namun dari situasi yang aman tersebut tidak bisa diremehkan begitu saja, karena setelah melihat dinamika kampanye yang sudah berjalan intensif dan kegiatan paling banyak di daerah Solo Raya.

”Dalam kampanye, para peserta Pemilu boleh memobilisasi masa di lapangan, yang jadwalnya sudah diatur dua hari sekali yang akan dimulai pada Minggu mendatang (24/3),”paparnya.

Namun demiakian, lanjutnya, bagi daerah khusus pengamanan untuk kerawanan wilayah akan diproritaskan di antaranya Solo Raya, Kedu dan Banyumas, karena Wilayah area tersebut sedang dalam tahapan pemantauan. ”Daerah-daerah ini masih kita terus pantau perkembangannya,”ujarnya.

Dijelaskan, dalam menghadapi pelaksanaan pemilu kali ini seluruh jajarannya, siap mengamankan kampanye terbuka dalam bentuk seperti kampanye Kepala Daerah, Calon Legeslatif, Kepala Desa dan terlebih dalam hal kampanye pengerahan banyak massa.

“Kita akan konsolidasi dan kerja sama dengan TNI untuk melaksanakan apel ini, supaya petugas siap diterjunkan dalam pengamanan. TNI dan Polri tidak meremehkan dalam mengamankan Pemilu 2019 mendatang,” jelasnya.

Dalam Apel gelar pasukan ini juga dilaksanakan pembacaan ikrar Deklarasi damai yang diikuti oleh TNI, Polri, ASN dan masyarakat umum serta peserta Pemilu 2019, untuk menyukseskan Pemilu yang akan digelar 17 April 2019 mendatang.

(Suparman)

banner 521x10

Komentar