438 Napi Lapas Paledang Dapat Remisi, 11 Orang Hirup Udara Bebas

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Sebanyak 438 warga binaan di Lapas Kelas II Paledang Kota Bogor mendapatkan Pengurangan Masa Pidana atau Remisi Umum dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Remisi tersebut diberikan dalam rangka HUT RI Ke-72 yang diserahkan langsung Wali Kota Bogor Bima Arya, di Aula Graha Rahardjo, Lapas Kelas II Paledang, Kota Bogor, Kamis (17/8/2017).

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIA Paledang, Gunawan Sutrisnadi mengatakan, Remisi yang didapat para warga binaan pun beragam, mulai dari remisi satu bulan hingga enam bulan.

“Dari 438 Warga Binaan tersebut, 11 orang diantaranya langsung bebas,” ujar Kepala Lapas Paledang Kelas II A Gunawan Sutrisnadi.

Gunawan menambahkan, saat ini lapas dihuni 909 orang yang artinya over kapasitas sebanyak 275 orang. Hal tersebut membuat kondisi Lapas tidak memadai serta kurangnya fasilitas untuk pembinaan. Apalagi bangunan ini sulit dilakukan pengembangan karena merupakan bagian cagar budaya.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah menghibahkan lahan dua hektar di Pasir Jambu tetapi masih terkendala di sertifikatnya,” akunya.

Sementara dari 11 warga binaan yang dinyatakan bebas, terdiri dari berbagai kasus. Mulai dari kriminal umum, hingga narkoba. Dengan bebasnya 11 orang ini, Lapas Kelas II A Paledang kini menyisakan 898 warga binaan.

“11 warga binaan yang dinyatakan bebas terkait berbagai kasus seperti kriminal umum dan narkoba,”pungkasnya (Piyarso Hadi)

banner 521x10

Komentar