oleh

48 Warga Taiwan dan China Sindikat Jaringan Penipuan Online Dicokok Polres Balerang

INILAHONLINE.COM, BATAM

Satreskrim Polresta Barelang mengamankan 47 orang warga negara Taiwan dan China di dua tempat berbeda di Perumahan Elit Kawasan Batam Center, Batam, Rabu (18/9/2019). Para warga asing ini diduga tergabung dalam sindikat penipuan online internasional.

Puluhan warga negara asing ini terlihat langsung ketakutan saat polisi dari Satreskrim Polresta Barelang mendatangi ruko berlantai tiga di Kawasan Perumahan Mewah Grand Orchid dan Komplek Taman Niaga Sukajadi, Batam Center, Batam.

Kapolresta Barelang AKBP Prasetyo Rachmat Purboyo mengatakan, sebanyak 47 orang warga negara Taiwan dan China yang diamankan ini diduga melakukan tindak kejahatan carding melalui internet atau cyber-crime melalui telepon. Hal ini terlihat banyaknya server telepon dan laptop yang mereka gunakan untuk melakukan penipuan.

“Kejahatan penipuan yang dilakukan puluhan warga Taiwan dan China ini berkaitan dengan masalah penipuan online. Sasaran mereka merupakan warga negara asing termasuk warga negara Jepang. Kita masih mendalami modus yang dilakukan mereka,” kata Kapolresta Barelang.

Menurut dia, dari 47 orang yang diamankan empat orang diantaranya wanita dan 43 orang lainnya lelaki. Terbongkarnya sindikat ini berawal dari laporan masyarakat yang curiga dengan keberadaan para WNA tersebut.

“Dari dokumen berupa paspor yang ditemukan para WNA ini masuk ke Indonesia melalui Jakarta dan sudah berada di Batam sejak empat bulan lalu. Mereka menggunakan paspor sebagai Hb pelancong,” imbuh dia.

Untuk pemeriksaan puluhan warga asing ini langsung dibawa ke Mapolresta Barelang. Polisi juga akan melakukan koordinasi dengan pemerintah China dan Imigrasi Batam.

(Hariyadi)

Komentar