oleh

ACT DIY Gelar Deklarasi KKIPP Untuk Memperjuangkan Palestina

INILAHONLINE.COM, YOGYAKARTA – Tragedi konflik kemanusiaan di Palestina masih terus saja terjadi, hingga memancing reaksi dari berbagai pihak, di Indonesia sendiri berbagai upaya melalui aksi, diplomasi, hingga bantuan kemanusiaan terus digaungkan.

Merespon tregedi tersebut Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY bersama Ulama dan Tokoh di Jogja menggelar Deklarasi Komite Kemanusiaan Internasional Pembebasan Palestina (KKIPP) sebagai bentuk solidaritas dukungan untuk Palestina, Senin (31/5).

Kegiatan deklarasi yang digelar di Goebog Resto, Yogyakarta ini dibersamai oleh Perwakilan dari IKADI DIY, serta Ulama Yogyakarta Ust. Tulus Mushtofa, Lc, MA, Dewan Masjid Indonesia (DMI) DIY, serta 50an tamu undangan dari mitra donatur ACT yang berasal dari organisasi sekolah hingga kampus, masjid, komunitas, hingga korporasi.

Dalam Pernyataannya Kepala Cabang ACT DIY, Zainul Muttaqin mengungkapkan bahwa KKIPP merupakan wadah advokasi dukungan terhadap warga Palestina untuk terus menyuarakan hak-hak sipil Palestina yang sudah berpuluh-puluh tahun dirampas haknya, melalui blokade, isolasi, hingga agresi militer yang dilakukan zionis Israel.

“Semoga dengan dideklarasinya KKIPP ini dukungan untuk Palestina Merdeka semakin menguat, karena deklarasinya ini serentak di seluruh cabang ACT bahkan ACT di Palestina, Turki, hingga Eropa semua melakukan deklarasi ini,” jelas Zainul.

Sementera itu Ust. Tulus Mushtofa, selaku Ulama Jogja juga menjelaskan, urusan Palestina bukan hanya urusan muslim, tetapi lebih luas merupakan urusan kemanusiaan, “siapa saja yang merasa manusia maka harus peduli terhadap Palestina, karena disitu banyak terjadi kedzoliman, kekerasan, bahkan pembantaian,” ujar ustadz Tulus.

Pandangan serupa juga dijelaskan oleh Ust. Sulkhan Zaenuri dari IKADI DIY, menurutnya masalah Palestina ialah masalah kemanusiaan, ia juga mengajak untuk mendesak komunitas HAM dan PBB Internasional untuk melakukan langkah konkrit untuk menyelamatkan Palestina.

Pasca di deklarasikan KKIPP ini, kedepannya akan di melakukan aksi dalam berbagai bidang untuk membantu masalah kemanusiaan warga Palestina, seperti aksi bantuan pangan dan ekonomi, bantuan medis dan obat-obatan, bantuan pendidikan, hingga diplomasi menjadi salah satu rangkaian kegiatan yang diagendakan.(CJ/Nasrudin – ACT DIY)

Komentar