oleh

Adalbang Kota Bogor Gelar Bintek Penyusunan Standar Biaya

InilahOnline.com (Kota Bogor) – Bagian Administrasi Pengendalian Pembangunan (Adalbang) Setda Kota Bogor menggelar Bimbingan Teknis (Bintek) Pemahaman Standar Biaya di Ruang Rapat Sri Bima, Balaikota Bogor, Kamis (23/2/2017).

Kegiatan itu bertujuan mengoptimalkan kinerja tim penyusunan anggaran itu diikuti anggota TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah), Pengguna Anggaran, dan Tim Penyusun Standar Biaya Tahun 2018.

Pada kesempatan itu Ade Sarip Hidayat, Sekretaris Daerah Kota Bogor mengingatkan, Sumber Biaya Masukan (SBM) menjadi sebuah instrumen yang sangat penting dalam pengelolaan biaya, sehingga hal tersebut harus betul-betul dipahami.

“Hal itu tidak bisa dianggap sepele, karena hampir setiap kegiatan di seluruh prangkat daerah memiliki standar-standar yang berbeda,” katanya.

Dalam penerapan pola anggaran berbasis kinerja, Ade berharap penyusunan standar biaya dapat mempertimbangkan dampak anggaran yang akan datang. Juga mempertimbangkan efektifitas standar biaya agar dapat menunjang kinerja birokrasi secara maksimal.

Tampil sebagai narasumber, Walidi, Kasi Riset dan Pengembangan Standar Biaya Direktorat Sistem Penganggaran Kementerian Keuangan RI dan Dedeh Hendrayati, Kasubag Standar Kerja Setda Provinsi Jabar. Mereka membahas berbagai hal yang terkait dengan tujuan memberikan pemahaman kepada tim penyusun anggaran tentang sistematika penyusunan Standar Biaya yang baik. (humas :Reysha/Tria/Hari)

Komentar