Agar Arus Mudik Lancar, One Way Mudik Lebaran 2023 akan Diberlakukan di KM 72-414

INILAHONLINE.COM, JAKARTA — Polri mengimplementasikan komitmen untuk menjadikan mudik lebaran tahun ini agar nyaman, aman dan berkesan. Salah satunya dengan lancarnya lalu lintas dalam perjalanan.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan dalam mengatur agar perjalanan lancar, Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas, diantaranya one way atau sistem satu arah di KM 72 (Cikampek)-KM 414 (GT Kalikangkung).

“Polri telah merancang strategi arus mudik lebaran, salah satunya adalah menerapkan rekayasa lalu lintas di tol Trans Jawa. One Way akan diterapkan sepanjang 342 kilometer, mulai KM 72 hingga KM 414,” tutur Sandi dalam Live TVRI di program acara OBSI (Obrolan Siang), Jumat (14/4/2023).

Menurut Sandi, penerapam itu berdasarkan hasil evaluasi pada mudik lebaran tahun 2022. Polri bersama stakeholder terkait telah melakukan perencanaan tersebut.

“Pengecekan jalur lebih awal dengan pengecekan rest area, jalan tol, pelabuhan, yang semuanya sudah kita cek bersama. Polri bersama Kemenhub dan Jasa Marga, untuk pelabuhan bakahueni sudah dibagi menjadi dua jalur,” ungkapnya.

Sandi menyatakan Operasi Ketupat dilakukan secara serentak dengan aparat gabungan didalamnya. Ia mengimbau agar masyarakat tidak membawa kendaraan roda dua karena berpeluang besar terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita memberikan solusi yaitu mudik gratis menggunakan bus, dari TNI juga menyediakan Kapal perangnya. Selain itu, operasi ketupat ini bukan hanya mengatur lalulintas saja, tapi juga tempat wisata, tempat ibadah dan lain-lain,” ucapnya.(*)

banner 521x10

Komentar