Agresivitas Konten Medsos Dapat Mengancam Profesi Wartawan

Berita, Megapolitan127 Dilihat

INILAHONLINE.COM, CISARUA — Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, perkembangan media dengan multi-platform dan juga agresivitas konten media sosial (Medsos) yang luar biasa intens, dapat mengancam profesi wartawan dan kewartawan.

“Profesi mereka akan terdegradasi apabila tak mampu menjaga ruh dan prinsip dasar kewartawanan serta kreatif berinovasi mengikuti tuntutan zaman,” kata bupati dalam sambutan tertulisnya pada acara Rapat kerja Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Rabu (20/12) di Cisarua .

Dalam sambutan yang diwakili Kepala Bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik pada Diskominfo Kabupaten Bogor, Angga Hadiyuda , bupati berharap PWI sebagai organisasi yang menghimpun profesi wartawan, hendaknya terus berupaya menjadi wadah pengembangan kapasitas dan sarana dialog untuk menjadikan pers Indonesia sebagai sumber informasi yang akurat, bijaksana, mengedukasi masyarakat dan tetap independen dalam melakukan kontrol sosial melalui kritik yang konstruktif .

Media punya kewajiban memastikan penyebaran informasi yang terverifikasi. Apalagi menjelang Pemilu 2024,jurnalisme berperan penting dalam menciptakan pemilu damai, dengan menyampaikan informasi yang benar, berimbang, dan tidak mengadu domba,harapnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, dalam mewujudkan jurnalis kualitas memang tidak mudah, namun upaya itu harus tetap dilakukan. Sebab, meski sekarang ini media sosial menjadi sumber informasi masyarakat, media massa mainstream juga masih di pandang sebagai rujukan yang bisa di andalkan.

Dia mengharapkan, semoga dengan rakerda yang digelar itu bisa menghasilkan berbagai ide gagasan dan program kerja yang berkualitas untuk kemajuan PWI dan menjawab berbagai tantangan yang tengah dihadapi bagi pers Indonesia.

“Harapan kami betapa pun beratnya tantangan bisnis media, Pers Indonesia dapat tetap menghasilkan produk jurnalisme yang baik dan berkualitas. Dan saya sampaikan selamat berkegiatan semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan kepada kita sekalian,” ucapnya.

Sementara itu, Kasi Humas Polres Bogor, Iptu Desi Triana yang mewakili Kapolres Bogor AKBP Rio Wahyu Anggoro mengucapkan selamat melaksanakan Rakerda untuk PWI Kabupaten Bogor tahun 2023 .

Dia juga mengaku mengapresiasi atas terselenggaranya Rakerda untuk PWI kabupaten Bogor tahun 2023.

” Saya atas nama jajaran Polres Bogor mengapresiasi Rakerda PWI kabupaten Bogor.Semoga dilancarka atas kegiatannya,” tukasnya.(Kristian B Lukito/Basir)

banner 521x10

Komentar