oleh

Aksi Komunitas Bangun Negeri Bersihkan Ciliwung hingga Edukasi Warga

INILAHONLINE.COM, BOGOR

Komunitas Bangun Negeri (bangunnegeri.id) menggelar aksi peduli lingkungan dengan melakukan bebersih Sungai Ciliwung hingga mengedukasi warga.

Melibatkan sekitar 37 anggotanya, dalam kegiatan bertajuk ‘Bangun Ekosistem’ ini mereka tampak memungut sampah plastik di sempadan sungai, mulai dari RW 03 Kelurahan Sempur sampai ke titik Finish di Taman Kaulinan, Minggu (16/02/2020).

Hasilnya, sampah sulit terurai seperti plastik, styrofoam, kaleng yang dikumpulkan mencapai 17 trash bag.

Founder Komunitas bangunnegeri.id Agus Fany mengatakan, pihaknya tergerak melakukan kegiatan tersebut karena prihatin dengan sejumlah bencana yang terjadi di awal tahun yang dirasakan warga Bogor dan Jakarta.

“Salah satu faktor terjadinya banjir adalah buang sampah ke sungai. Kami pun berinisiatif melakukan usaha kecil membersihkan sampah di sungai Ciliwung sembari mengedukasi warga yang masih terlihat membuang sampah ke sungai. Tadi pas kami lagi ambil sampah masih ada beberapa warga yang masih membuang sampah ke sungai. Kami edukasi dengan cara baik karena percuma dibersihkan sampahnya kalau warganya masih melakukan itu,” ujarnya.

Agus menuturkan, kegiatan ini sepenuhnya dibiayai dari iuran anggota. Untuk mengapresiasi itu, komunitas memberikan delapan bibit pohon dengan jenis berbeda-beda bagi tim yang aktif dan mengumpulkan sampah paling banyak.

“Ini sebagai bentuk hadiah. Kami percaya mereka yang berada disini bisa menjaga lingkungan termasuk bisa menanam dan merawat bibit pohon ini di rumahnya,” imbuhnya.

Ia menambahkan, komunitasnya masih membuat rekrutmen anggota yang berminat masuk dan berkontribusi di bangunnegeri.id. Mengingat komunitasnya fokus pada tiga bidang Pendidikan, Desa dan Lingkungan. Ia bersama tim pun mempunyai mimpi membentuk bangunnegeri.id di seluruh Indonesia.

“Tidak ada syarat khusus. Siapapun boleh bergabung dengan usia maksimal 30 tahun. Kami bahkan sudah buat rencana jangka panjang sampai 2045 karena harapan kami kegiatan bisa terus berlanjut dan komunitas terus berjalan memberikan dampak positif bagi masyarakat luas,” terangnya.

Di tempat yang sama, Plt Dinas Lingkungan Hidup Dody Ahdiyat mengatakan, dirinya mengapresiasi dan berterima kasih atas peran komunitas menjaga sungai Ciliwung.

Hal tersebut sejalan dengan semangat Pemkot Bogor di bidang lingkungan hidup, yakni program naturalisasi Ciliwung.

“Kegiatan kalian jadi langkah nyata untuk langkah selanjutnya. Semoga apa yang dicita-citakan komunitas membangun negeri bisa terwujud. Saya yakin akan banyak yang bergabung, karena negeri kita butuh anak-anak seperti kalian,” pungkasnya.

(Periksa Ginting)

Komentar