oleh

Alfamart Sahabat Bumi, Gelar Kegiatan Gerakan Tanam 15.000 Pohon Untuk Indonesia

INILAHONLINE.COM, JAKARTA – Alfamart Gelar kegiatan Corporate Social Responbility (CSR), sedikitnya 1500 pohon ditargetkan Alfamart untuk ditanam sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan dalam peringatan Hari Bumi tahun ini.

PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk pengelola jaringan ritel modern Alfamart mengusung kampanye Alfagreen sebagai program berkelanjutan Alfamart untuk lingkungan, sepanjang 2021.

Program bernama Alfamart Sahabat Bumi tersebut ditandai dengan penanaman 1500 bibit pohon bertepatan pada Hari Bumi 22 April ini yang dilaksanakan tersebar pada 12 kota dan kabupaten di Indonesia.

Tim Alfamart Sahabat Bumi Gerakan Tanam Pohon menyerahkan secara simbolis bibit pohon kepada Kepala Desa Pasir Gaok disaksikan oleh pPengurus dan Anggota Karang Taruna Desa Pasir Gaok Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor

“Ada lima pilar CSR kita, salah satunya Alfagreen, yang tahun ini diwujudkan dengan menanam 15.000 bibit pohon yang juga sebagai simbolisasi jumlah toko kita,” ujar Corporate Communication GM Alfamart Nur Rachman  melalui keterangan tertulisnya kepada inilahonline.com, Kamis (22/4/2021)

Menurutnya, bahwa Alfamart Sahabat Bumi merupakan inisiasi perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang lestari.  Bibit pohon ditanam di beragam tempat seperti pinggir sungai, hutan kota, lahan rawan, jalan raya dansebagainya. Pohon yang ditanam pun beragam seperti pohon buah, pohon pelindung, atau pohon produktif lainnya.

“Setidaknya melalui gerakan ini kita mulai usaha untuk memberi kesadaran pentingnya lingkungan asri yang minim polusi, terhindar dari bencana sekaligus memberi warisan yang berguna di masa mendatang,” tambah Nur Rachman.

Salah satunya adalah penaman 200 bibit pohon buah matoa, kedoya dan bungur di sepanjang bantaran kali Cidepit, Desa Pasir Gaok, Rancabungur. Kabupaten Bogor. Selain bisa mencegah lubernya air sungai, pohon yang ditanam bisa memberi manfaat tambahan bagi warga desa sekitar dengan buah dari pohontersebut.

Dalam kegiatan Hari Bumi ini Alfamart menggandeng para pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna Desa Pasir Gaok dan Kecamatan Ranca Bungur berpartisipasi menanam bibit pohon. Dalam kesmpatan itu Kepala Desa Pasir Gaok, Sarifudin juga ikut pula menanam secara simbolis bibit pohon bersama perwakilan dari Alfamart, Irvan Ganevan sebagai Corporate Communication.

Sarifudin mengatakan, pihaknya sangat menyambut baik Hari Bumi yang dilaksanakan di desanya dengan menanami pohon di sepanjang bantaran kali Cidepit oleh Alfamart. Dirinya juga  berharap penanaman pohon ini dapat di ikuti oleh yang lain sehingga hasilnya dapat di rasakan warga sekitar.

“Diharapkan warga setempat dan komunitas pegiat lingkungan setempat dapat merawat dan menjaga pohon yang sudah diberikan dan di tanam oleh Alfamart.” imbuh Sarifudin

Sementara itu, gerakan tanam pohon yang dilakukan Alfamart khusus di kota Makassar, Alfamart bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menanam sebanyak 50 pohon ketapang kencana. Penanaman dilakukan di jalan lingkar luar yang menghubungkan BTP dan jalan tol.

Menurut Branch Manager Alfamart, Putut Desy Susilo mengungkapkan setidaknya melalui gerakan ini kita mulai usaha untuk memberi kesadaran pentingnya lingkungan asri yang minim polusi, terhindar dari bencana sekaligus memberi warisan yang berguna di masa mendatang.

“Langkah besar dimulai dari langlah kecil. Hari ini kami tanam pohon mungkin terbilang sedikit, kedepan semoga kami bisa tanam pohon yang banyak di Sulsel,”pungkas Putut. (Piya Hadi)

.

Komentar